Menu

Yuk, Pelajari Cara Mengatasi Kecanduan Terhadap Mie Instan

Mie Instan termasuk makanan yang sangat gampang untuk dibuat dan memiliki rasa yang enak. Bumbu dari mie instan yang memiliki rasa khas dengan cara memasak yang tergolong mudah menimbulkan peningkatan konsumsi atas mie instan setiap tahunnya. Namun, dibalik peningkatan tersebut tingkat penyakit yang muncul pada orang yang gemar untuk mengkonsumsi mie juga banyak.

Nah, masalah yang timbul ini seharusnya memberikan sinyal alarm kepada masyarakat untuk meminimalkan pengkonsumsian tingkat mie instan. Tapi, nyatanya masih banyak orang yang sangat kesulitan untuk melepaskan diri mereka dari mie instan. Jika kamu termasuk salah satu pecandu mie instan, maka kamu harus menguranginya mulai sekarang. Disini akan kami hadirkan enam kiat dalam mengatasi kecanduan terhadap mie instan. Yuk, kita lihat apa saja hal tersebut.

Karakteristik orang yang ketagihan mie instan

Sebelum kita membahas cara mengatasinya, mari kita cek tanda-tanda apakah kamu sudah ketagihan mie instan.

    • Selalu memiliki niat untuk makan mie instan meskipun sedang tidak lapar
    • Ketika makan mie instan, kamu bahkan sanggup menghabiskan dua bungkus atau lebih
    • Mencari berbagai alasan untuk dapat makan mie instan
    • Tidak mampu mengendalikan diri meskipun tahu dampak bahaya dari makan mie instan.
    • Setiap  berbelanja, selalu menjadikan mie instan sebagai prioritas kebutuhan.

Cara mengurangi makan mie instan

Bila kamu mengalami 2 atau 3 tanda dari ketagihan yang dijabarkan di atas, maka kamu harus mengambil langkah ini untuk mengurangi makan mie insran. Agar, kamu tidak bingung harus dimulai dari mana, mari kita lihat cara berikut:

1. Jangan langsung berhenti

Mulailah untuk mengurangi frekuensi makan mie instan secara pelan-pelan. Jika awalnya hampir setiap hari mengkonsumsi mie isntan, coba untuk membatasinya menjadi seminggu sekali. Jika berhasil, jadikan lagi menjadi 2 minggu sekali. Coba terus sampai kamu betul-betul dapat menahan diri untuk mengkonsumsi mie instan. Patut kamu ingat, jika kamu langsung berhenti, hal ini tidak akan berhasil dan akan membuat kamu untuk selalu memiliki niat untuk mengkonsumsinya.

2. Ganti bumbu mie dengan rempah alami

Yang membuat mie instan begitu nikmat adalah rasa dari bumbunya. Manusia sekarang memiliki lidah yang sangat kuat terhadap rasa makanan buatan pabrik seperti pedas, asin dan manis. Untuk itu, cara menghentikannya adalah mengubah bumbu tersebut dan menggantinya dengan bumbu alami seperti bawang putih, lada, daun bawan, garam, cabai dan sebagainya. Rasanya gak akan kalah enak kok. Lambat laun, lidahmu pasti akan terbiasa dengan rasa alami tersebut.

3. Tambahkan makanan sehat lainnya

Agar peralihan dari mie instan ke makanan sehat lebih mudah, campurkan saja mie instan dengan makanan sehat seperti sawi, kangkung, wortel, brokoli dan lainnya. Daripada makan bakso olahan pabrik dari kemasan mie instan, lebih baik tambahkan daging ayam atau sapi asli. Kamu pun akan semakin terbiasa untuk hidup sehat dan mulai melupakan mie instan sebagai makanan favoritmu.

4. Jangan Menstok mie isntan di rumah

Jika kamu termasuk orang yang suka menstok mie instan di rumah, lebih baik tinggalkan kebiasaan tersebut. Rasa ngidam kamu biasanya akan hilang sendiri saat kamu makan makanan sehat lainnya. Kalaupun masih merasa ingin mengkonsumsi, lakukan olahraga yang membuatmu melupakan niat untuk mengkonsumsi. Hasil dari olahraga akan membuat kamu untuk lebih memilih air untuk dikonsumsi dikarenakan banyaknya cairan yang keluar dari tubuh. Pastinya kamu akan kenyang duluan karena penuh dengan air.

5. Belajar memasak

Kebanyakan orang memilih mie instan sebagai makanannnya karena selain harganya yang sangat terjangkau, juga dikarenakan kepraktisannya yanh mudah disajikan saat lapar. Untuk mengubah kebiasaan ini, belajarlah memasak. Tidak usah ragu untuk memulainya dari hal yang sederhana seperti goreng telur dadar. Jika sudah mahir dapat dilanjutkan ke tahap yang lebih rumit seperti sop dan sebagainya. Selain memberikan kamu pengetahuan tentang memasak, kamu akan didorong lebih kreatif lagi untuk menghasilkan masakan ala kamu sendiri.

6. Minta bantuan orang lain

Kalau cara yang mudah ditempuh tapi tetap belum memberikan hasil, maka kamu membutuhkan orang lain sebagai penyemangatmu. Mintalah orang terdekatmu untuk selalu memberikan dukungan kepadamu dengan cara tidak makan mie disaat bersama kamu. Jika tidak behasil juga, kamu juga bisa menemui psikolog atau terapis untuk mengatasi kecanduannya.

Itulah 6 kiat untuk mengatasi kecanduan terhadap mie instan. Semoga berhasil 🙂