Menu

Yuk, Cobain Makanan Khas Magelang Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan Magelang? Pastinya kita semua kenalkan dengan makanan Magelang. Makanan merupakan kebutuhan paling utama bagi kita semua karena apabila tidak ada makanan yang patinya hidup kita akan terasa hampa. Makanan Magelang ini terkenal dengan kulinernya yang sayang untuk dilewatkan.

Jadi apabila Anda sedang berkunjungan kesana pastikan ya untuk mencoba makanan Magelang yang lezat dan dapat menggunggah selera. Namun kalau memang Anda bosan dengan makanan Magelang yang itu-itu aja, Anda bisa kok mencoba makanan Magelang yang akan saya bahas nantinya dalam artikel ini. Jadi, daripada Anda penasaran dengan makanan Magelang, yuk lihat sama-sama.

1. Kupat Tahu

Magelang makanan yang dikenal populer adalah kupat tahu, kini makanan Magelang ini bisa ditemukan diluar kota Magelang, namun apakah Anda tau ternyata makanan di Magelang ini begitu banyak kepopulernya? Jadi tidak ada salahnya kok kalau Anda mau mencoba makanan satu ini, yang asli kupat tahu dari daerah asalnya.

Jadi tunggu apalagi kalau memang Anda mau mencoba makan ini bisa kok menuju kesana. Akan tetapi makanan ini bisa Anda jumpai di warung lainnya. Jadi bagi Anda yang tak tahu namanya, Anda bisa menyembut makanan ini sebagai kupat tahu yang terdiri dari kupat dan tahu, namun ada campuran lauk lainnya seperti bakwan, bawang goreng, kubis, seledri dan tauge. Semua bahannya itu dicampur dan disiram dengan saus kacang dan kecap. Anda bisa pergi ke alun-alun kota untuk membeli kupat tahu karena disana ada banyak penjual yang bisa dipilih.

2. Wedang Kacang Kebon

Waduh…waduh, kenapa sih makanan ini disebut sebagai wedang kacang kebon? Karena makanan ini di buat dari air jahe yang dicampur dengan kacang dan ketan. Makanan ini bisa dijadikan kapan saja, baik itu dalam acara apapun. Minuman ini enaknya pas diminum saat dingin karena apabila kita minumnya dalam keadaan dingin, ia sangat sejuk dan segar. Namun apabila saat kita meminum wedang kacang kebon ini kemungkinan wedang kacangnya sangat nikmat dengan kacang yang empuk dan kuah yang kental. Namun selain dengan memesan wedang kacang kebon, Anda bisa memesannya dengan wedang ronde atau sate pisang disini. Minuman ini cocok diminum dalam keadaan yang panas karena apabila kita meminumnya kemungkinan akan sejuk.

3. Es Murni

Es Murni adalah salah satu warung es di Magelang yang usianya sudah cukup tua. Biasanya es ini cukup dikenal dengan baik karena es ini sudah berdiri sejak lama makanya es ini dapat dikatakan tua oleh orang-orang. Meskipun es ini dikenal tua tetapi ia sangat cocok diminum ketika udara sedang panas. Ada berbagai macam jenis es yang bisa Anda pesan disini, diantaranya adalah es burjo, es duren dan es teler. Warung es ini setiap hari ramai dipenuhi pengunjung karena menu esnya yang segar dan manis. Selain es, ada juga berbagai makanan yang bisa dimakan bersama dengan es yang Anda pesan.

4. Sego Godog Pak Manto

Dalam bahasa Jawa, makanan ini dinamakan sebagai sego godong yang merupakan nasi yang direbus. Setelah itu kini nasi yang dibilang nasi yang direbus, berubah menjadi nasi direbus bagi orang Indonesia. Namun karena cara pembuatannya adalah dengan cara merebus nasi ke dalam kuah yang sudah diberikan bumbu terlebih dahulu. Selain dengan adanya nasi kini juga mie ayam dan telor yang juga dimasukkan ke dalam campuran tersebut. Jika Anda tertarik mencobanya, Sego Godog Pak Manto bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasinya sangat strategis di alun-alun kota sehingga mudah ditemukan.

5. Konro Bakar Bumbu Kacang Cacaban

Makanan khas Sulawesi merupakan Konro. Yang berarti makanan ini berasal dari kota Makasar. Kalau memang makanan ini berasal dari Sulawesi, kenapa makanan ini ada di Magelang? Karena kemungkinan saja makanan ini bisa berdekatan dengan Sulawesi kali ya. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba makanan ini bisa kok, namun yang lebih nikmatnya lagi kalau Konro ini dibakar dan dilengkapi dengan bumbu kacang. Makanan ini bisa Anda jumpai di warung cacaban dan mudah diakses karena terletak dekat dengan alun-alun kota. Selain Konro Bakar, Anda juga bisa memesan Sop Konro khas Magelang yang memiliki citarasa berbeda dengan Sop Konro Makasar.

6. Mangut Lele Warung Purnama

Apakah makanan Mangut lele ini berasal dari Magelang? Iya memang bener kalau ternyata makanan ini berasal dari Magelang yang cukup terkenal. Warung ini sudah berdiri sejak lama sehingga memiliki banyak peminat setia dari waktu ke waktu. Mangut Lele adalah sejenis masakan lele yang berkuah santan dengan warna kuning karena mengandung kunyit. Biasanya makanan ini disajikan bersama sambal goreng yang dicampur dengan potongan tahu, cabe merah dan hijau, pete serta buncis. Selain Mangut Lele, Anda juga bisa mencoba Mangut Bawal yang lezat.

7. Depot Es Semanggi

Ingin minum es? Anda datang aja ke Magelang karena warung es yang dinamakan Depot Es Semanggi. Meskipun tempatnya berada di parkir basement area Matahari Department Store Magelang dan cukup sulit ditemukan karena tidak berada di pinggir jalan, warung es ini sangat ramai dipenuhi pengunjung setiap harinya. Salah satu menu andalan yang bisa Anda coba adalah Es Pleret, dimana es ini hanya ada di Jawa Tengah. Harga es disini cukup terjangkau meskipun tempatnya kecil sehingga pengunjung kerap berdesakan saat sedang banyak pembeli.

Nah, hanya itu sajalah beberapa daftar makanan Magelang yang mungkin bisa Anda jumpai ketika Anda sedang berada disana. Selamat mencoba. Sekian dan terima kasih.