Menu

Unik, Cara Buat Telur Rebus Agar Bagian Kuningnya Berada di Luar

Semua orang pasti pernah makan telur, bahan makanan yang satu ini selalu bisa menjadi tambahan di setiap masakan agar terasa lebih enak. Misalnya saja mie rebus, tak lengkap bila tidak ada telur dan nasi goreng juga tidak sedap jika tidak di tambah dengan telur.

Baik itu telur ayam, bebek ataupun burung, pastinya memiliki dua bagian di dalamnya yaitu warna putih dan kuning. Orang-orang biasanya lebih menyukai makan bagian kuningnya saja dan menyisihkan putih telur. Namun pernahkah kamu berpikir untuk bisa merebus telur dengan bagian kuning berada di luar?

Mungkin terdengar aneh, memang sih sejak zaman baheula yang namanya telur selalu saja kuning di tengah dan putih telur di luar kemudian dibalut cangkang. Namun ada seorang koki di Jepang punya trik untuk mengubah posisi putih telur di tengah dan kuning telur di luar. Rahasianya ada di kaus kaki dan gaya sentrifugal dalam video YouTube. Nah, kalau kamu bosan sama telur rebus yang memiliki pusat kuning dan eksterior putih, maka sekarang ini ada trik untuk mengubahnya.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (29/12), untuk mengubah sebutir telur kuning berada di luar bisa menggunakan peralatan yang mudah ditemukan di sekitar rumah kamu, termasuk sepasang stoking perempuan dan lampu senter. Kamu juga dapat menikmati telur rebus gaya baru yang memiliki albumen putih di dalam, dan kuning di luar.

Ilmu dibalik semua ini adalah rahasia bahwa kuning telur lebih padat dari pada putih telur. Ketika kamu memutar telur dengan cepat, kuning telur ditarik menuju tepi melalui gaya sentrifugal, sedangkan putih telur didorong ke pusat.

Jika kamu memutar telur cukup lama, kuning telur dan putih telur akan terpisah, sehingga ketika direbus yang muncul adalah kuning telur di luar, sedangkan putih telur berada di tengah. Jika kamu tidak memutar cukup lama, maka akan diperoleh dua campuran sehingga kamu malah mendapatkan telur orak-arik instan.

Untuk memulai, kamu akan membutuhkan sepasang stoking wanita, selotipe, lampur senter dan tentu saja telur.

Bagi kamu penggemar telur rebus, sekarang kamu sudah bisa membuat sajian telur rebus yang unik dan berbeda dari telur rebus pada umumnya. Berikut ini kamu dapat meliha tutorial cara memasak telur agar kuningnya berada di bagian luar.

Tutorial Cara Memasak Telur agar Bagian Kuningnya Berada di Bagian Luar

Untuk membuat makanan telur ini mejadi sebuah sajian unik dan nggak biasa, hal yang Pertama kamu lakukan adalah, sediakan telur ayam yang masih mentah, dalam cangkang. , dekatkan telur pada senter yang menyala untuk memeriksa warna telur.  Selanjutnya, kamu bisa menutupi telur dengan menggunakan selotip, hal itu digunakan untuk menjaga cankang agar tidak rusak. Pastikan telur itu dililit dengan selotipe agar cangkangnya kuat. Lalu kamu bisa memasukan telur yang telah di selimuti oleh selotip ke dalam stoking.

Setelah itu, kamu putar-putar stoking yang sudah berisi telur sampai bergerak seperti gasing, kamu bisa melihat caranya di video. Siapkan air mendidih. Lalu rebus telur yang sudah diputar-putar tersebut dengan cara biasa.

Hasilnya,  kamu akan menemukan penampakan unik dimana telur dengan bagian kuning di luar dan bagian putih di tengah. Banyak orang yang mencoba cara ini, namun hasilnya beragam. Ada yang hasilnya bagus, ada pula yang hasilnya tidak begitu bagus, Mungkin tekniknya salah kali yaa?

Kamu tertarik mencoba menyajikan telur rebus dengan cara tak biasa ini? Biar lebih jelas, yuk lihat lebih lengkap videonya berikut ini:

Pesan untuk kalian yang ingin mencoba hal ini, ada baiknya kalian memilih telur yang seperti ini:

Cara Memilih Telur yang Baik

  1. Kondisi cangkang telur tidak retak
  2. Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  3. Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap
  4. Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda
  5. Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar
  6. Tenggelam di dalam air jika dimasukkan ke dalam air tidak terapung
  7. Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur
  8. Baunya normal tidak berbau busuk
  9. Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidan ceper sekali
  10. Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3

Mungkin dengan mengetahui cara unik ini kamu jadi nggak bosan untuk makan telur rebus, kamu bisa makan telur rebus dengan variasi yang berbeda, nggak cuma ngelihat putih telur di luar dan kuning didalam, tapi kini kamu sudah bisa ngebuat telur dengan bagian kuning di luar dan putih telur di bagian dalam. Ini juga bisa menjadi tips ampuh untuk menjadi bekal sekolah anakmu moms, jika selama ini dia bosan dengan bentuk telur rebus yang bentuknya gitu-gitu aja.

Selamat mencoba dan semoga berhasil yaa