Menu

“Thai Tea” Minuman Kekinian Dari Thailand

Belakangan ini telah banyak dikeluarkan banyak variasi dari minuman terutama minuman yang terbuat dari teh. Salah satunya yang bisa dibilang termasuk kesukaan mimin ini adalah Thai tea. Menurut mimin ini memang minuman yang benar-benar menyegarkan. Gimana menurut kalian? Kalian pasti pernah donk ngerasain minuman Thai tea ini. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Thai tea ini langsung saja simak yuk ulasannya.

Asal-Usul Dari Thai Tea

Sama seperti namanya Thai Tea ini adalah varian teh yang berasal dari negeri gajah putih Thailand yang kini sudah mendunia dan bahkan jadi banyak sekali peminatnya. Dulunya sekitar tahun 1980’an, ada seorang pedagang dari China yang menyalurkan teh yang mejadi bahan baku Thai Tea yaitu Cha Yen Tea yang merupakan teh hitam atau black tea, namun karena harganya yang melambung, Cha Yen kemudian digantikan dengan seduhan teh Ceylon, teh hitam beraroma sangat pekat yang berasal dari Sri Lanka.

Teh yang dipilih untuk membuat Thai tea ini memang gak bisa sembarangan karena seduhan teh tersebut haruslah memiliki aroma yang tajam dan rasa teh hitam yang sangat kuat pula. Maka dari itu, tidak heran kalau Cha Yen atau Ceylon yang terpilih menjadi kandidat dalam pembuatan Thai tea.

Thai tea ini juga dikenal sebagai Thailand es teh atau “cha-yen”. Selain dari Cha Yen atau Ceylon bahan-bahan lain yang mungkin ditambahkan pada Thai tea adalah air limau, adas bintang, biji asam atau pewarna makanan merah dan kuning dan terkadang ada juga yang menambahkan rempah-rempah.

Teh ini memiliki rasa manis karena dicampur dengan gula dan susu kental dan tentunya disajikan dingin membuat minuman ini menjadi semakin nikmat. Susu evaporated, susu kelapa atau susu pada umumnya akan dituangkan di atas teh dan es sebelum disajikan untuk menambah rasa dan penampilan menjadi lebih menarik.

Namun, di Thailand, susu kental dan gula dicampur dengan teh sebelum dituangkan di atas es dan kemudian atasnya baru diletakkan susu hingga menguap. Dalam restoran Thailand di seluruh dunia, minuman ini akan disajikan dalam gelas tinggi. Akan tetapi, kalau yang dijual dari jalan dan pasar kios di Thailand itu biasanya dituangkan di atas es yang dihancurkan dalam kantong plastik bening (atau tembus pandang) atau biasanya juga pada gelas plastik yang tinggi. Kalau dipasar kita akan dapat melihat campuran teh yang dituangkan dengan menggunakan ketinggian sekitar 4 meter lalu kemudian membolak-baliknya.

Minuman Thai tea ini awalnya hanya populer di Asia Tenggara dan di banyak restoran Amerika yang menyajikan makanan Thailand tapi untuk sekarang ini Thai tea ini sudah terkenal diselurug dunia. Kalau bisa dibilang Thai tea ini gak sama dengan bubble tea. Bubble Tea ini adalah minuman yang berasal dari Asia Timur yang berisi mutiara tapioka yang berukuran besar.

Berbagai Varian Dari Thai Tea

Memang minuman ini dikenal dengan Thai tea. Akan tetapi untuk sekarang ini terdapat berbagai varian dari Thai tea ini. Inilah yang membuat minuman ini menjadi semakin nikmat. Inilah varian dari Thai tea.

Dum dum thai drinks

Ini dia nih salah satu trend-maker dari Thai tea di tahun ini. Melihat eksistensi minuman dalam gelas kemasan seperti iced milk tea yang cukup hype di ibukota, Dum Dum Thai Drinks menggebrak pasar dengan kehadiran Iced Thai Tea-nya. Tidak butuh waktu yang lama, penampakan minuman super segar ini pun sudah berseliweran di social media. Hebohnya Dum Dum Thai Drinks tidak terlepas juga dari rasa otentik yang mereka tawarkan.

Ying Thai

Kalau kalian mau nyobain Thai tea dengan gaya teh tarik seperti di negeri asalnya? Kalian bisa coba datang ke Ying Thai yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk! Teh khas Thailand di sini disajikan di dalam stainless steel mug yang biasa digunakan dalam proses pembuatan teh tarik. Unik deh pokoknya dan rasanya juga gak kalah deh!

Mokka coffee cabana

Kira-kira kalian tertarik gak nyobain Thai tea dengan tampilan yang extraordinary? Nah, kalau kalian tertarik atau malah jadi penasaran kalian wajib mampir ke Mokka Coffee Cabana. Presentasi Thai tea di coffee shop ini unik banget karena disajikan dalam gelas yang diletakkan lagi di tengah big bowl yang sudah diisi dengan batu es. Gak perlu khawatir lagi deh kalau nanti minuman kalian sudah tidak dingin lagi karena ice cubes tadi akan menahan kestabilan suhunya, jadi bakalan adem trus.

Gambino

Fusion food sih sudah biasa, tapi apa kabar dengan fusion drinks? Gambino hadir memadukan Thai tea yang merupakan minuman khas Thailand dan cendol dari Indonesia dengan begitu apik. Buat para pecinta makanan sangat disarankan kalian gak boleh sampai kelewatan untuk nyobain minuman yang satu ini.

Thai alley

Bukan Thai resto namanya kalau gak menyajikan Thai tea. Di Thai Alley, kalian juga bisa nih pesan Thai tea dan nyobain rasa yang cukup authentic di sini. Citarasa yang khas dan unik dari minuman ini sudah pasti tidak boleh kalian lewatkan.

Tom-tom

Masih berkutat di restoran khas Thailand, kalian juga bisa nyobain Thai tea yang gak kalah oke ala Tom Tom, Grand Indonesia, Thamrin. Tom Tom ini menyajikan beragam makanan hingga minuman bercitarasa otentik khas Thailand yang cukup lengkap, salah satunya ya si minuman wajib yaitu Thai tea yang akan membuat kalian lupa sama semuanya, agak lebay ya hehe….

U-thai cafe& resto

Berlokasi di salah satu kawasan hangout terpopuler di Jakarta yaitu The Foundry, SCBD, U-Thai Café & Resto yang gak kalah eksis dengan mengusung hidangan ala street food dengan penyajian yang lebih elegan. U-Thai juga akan memanjankan kalian dengan Thai tea andalan mereka yang uwenak tenan.

White elephant

Beneran nih kalian penggemar kuliner dari negeri gajah putih? Jangan ngaku-ngaku deh kalau kalian belum berkunjung ke bistro satu ini. White Elephant menyajikan menu-menu khas Thailand namun telah disesuaikan dengan penikmat kuliner Jakarta. Sebagai teman santap makan, kalian bisa memesan Thai Iced Tea di sini yang terbilang cukup unik karena terdapat tambahan citarasa sereh sebagai penguat aroma di dalamnya.

Asia tale

Selagi berkunjung ke kawasan Senopati, tidak ada salahnya kalau kalian berkunjung ke Asiatale Resto & Bar. Disini kalian akan bisa mencicipi beragam macam hidangan khas Asia termasuk Thai tea yang juga disajikan di sini. Uniknya, pilihan Thai tea ada 2 yaitu Green Thai Tea dan Red Thai Tea.

Goedkoop

Sebenarnya guys yang ini agak berbeda dari kebanyakan Thai tea lainnya, ini dikarenakan Goedkoop meramu Thai tea dengan gaya mereka sendiri. Thai tea di sini disajikan hangat dengan condensed milk serta campuran sedikit kopi di dalamnya. Duh, jadi pengen nyobain deh.

Fakta Unik Dari Thai Tea.

Setelah banyaknya orang yang mengkomsumsi Thai tea maka bermunculanlah fakta-fakta tentang minuman ini.

Berbahan Rempah

Ternyata ini nih rahasia yang bikin teh satu ini beda dari yang lain! Tau nggak sih? ternyata Thai tea diracik barengan sama orange blossom water, star anise, asam jawa dan bahan rempah seperti kayu manis. Nggak salah kalau rasa Thai Tea begitu khas dan menyegarkan ya!

Kandungan rempah inilah yang bikin kesegaran Thai Tea tetap terjaga. Meski dicampur susu dan krim, Thai tea tetap terasa pas, nggak bikin enek.

Campuran Teh dan Susu yang Match Dilidah

Thai tea lezat sebagaimana yang kita kenal sekarang, sebenarnya nggak pernah absen dari campuran condensed milik. Yap, meskipun susu kental manis bukan bahan utama pembuat Thai Tea, tapi bahan ini nggak boleh sampai ketinggalan. Karena, susu kental manis akan memperkaya rasa manis dalam Thai Tea.

Selain itu, krim juga bisa ditambahkan untuk membuat rasa Thai Tea makin sweet and creamy.

Dibuat Dengan Perhitungan Waktu yang Pas

Rahasia dibalik kesempurnaan rasa Thai tea juga dari jumlah waktu pembuatannya. Apakah kalian tahu bahwa untuk menciptakan Thai Tea dengan rasa yang sempurna, butuh durasi waktu selama tujuh menit untuk merebus atau menyeduh teh dengan bahan rempahnya. Ingat ya, sebisa mungkin harus pas tujuh menit!

Durasi itu bakal berpengaruh buat menghasilkan rasa yang kuat pada Thai tea. Kenapa harus tujuh menit? mitosnya sih, di Thailand angka tujuh adalah angka yang baik. Dengan menyelesaikan masakan dengan angka yang baik, dipercaya bakal bikin hasil masakan jadi good taste juga dan itu memang terbukti.

Bikin Awet Muda

Selain dari rasanya yang nikmat, ternyata Thai tea juga punya fakta unik lain loh. Tau nggak sih, kandungan yang ada dalam teh Thailand ini dipercaya bisa bikin awet muda jika rajin meminumnya loh. Soalnya, terdapat kandungan antioksidan pada vitamin C dan E dalam Thai Tea yang mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit!

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Thai Tea

Siapa yang bilang kalau Thai tea hanya sekadar enak dan menyegarkan?  Thai Tea ini ternyata juga ada kandungan yang bisa membuat tubuh jadi sehat loh. Apa saja manfaatnya? Yuk simak paparan dari Dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK, seorang dokter spesialis gizi Rumah Sakit Pelni, Jakarta Barat, berikut ini:

Sumber Karbohidrat.

Ada karbohidrat sederhana yang didapat dari gula dan susu kental manis yang digunakan dalam racikan minuman ini. Oleh karena itu, minum Thai Tea ini akan dapat membantu kita lebih berenergi karena minuman ini dapat memberikan kalori yang cukup bagi tubuh kita

Kaya Isoflavon.

Teh hitam sebagai bahan dasar utama Thai Tea merupakan salah satu sumber isoflavon, yang memiliki sifat antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa sifat antioksidan ini diperlukan oleh tubuh untuk mencegah penyakit kanker atau jantung koroner.

Protein dan Kalsium.

Susu yang digunakan dalam Thai Tea ini mengandung protein dan kalsium yang juga sangat baik untuk tubuh.

Lemak.

Thai Tea ini juga merupakan minuman yang tinggi lemak, yang diperoleh dari gula dan susu. Kandungan lemak juga lebih tinggi pada Thai Tea yang menggunakan santan.

Apa Sih Bedanya Teh Tarik, Teh Susu Dan Thai Tea

Kalau dilihat sekilas ketiga minuman ini mungkin akan tampak sama tapi sebenarnya berbeda, yah meskipun bahan dasarnya sama-sama dari teh juga. Jadi perbedaannya adalah:

Teh Tarik

Rasanya yang khas, yaitu manis tapi ada sedikit rasa pahit yang didapat dari teh. Warna dari minuman ini adalah coklat muda, dengan busa diatasnya. Teh tarik ini berbahan dasar teh dan susu. Varian teh ini mudah ditemukan di Malaysia, India dan Indonesia juga sudah banyak loh. Yang unik dari minuman ini adalah cara membuatnya. Kok bisa? Emank buatnya gak seperti teh lainnya?

Proses pembuatannya ini adalah teh hitam yang dicampur susu dengan mengopernya dari satu cangkir ke cangkir lain secara berulang. Sekilas akan tampak terlihat seperti tehnya ditarik-tarik. Aksi ini biasanya juga jadi tontonan pembeli loh, ini dikarenakan enggak sembarang orang yang bisa melakukan proses ini.

Teh Susu

Bahan yang dipakai untuk membuat teh susu sebenarnya hampir sama dengan teh tarik. Namun cara pembuatannya yang beda yaitu enggak pake ditarik-tarik. Cukup menyeduh teh dan ditambah susu aja. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi teh susu terlalu banyak, karena protein susu akan mengikat anti oksidan yang ada di dalam teh, sehingga akan menghambat penyerapannya. Selain itu kalsium pada usus juga akan terhambat penyerapannya karena kafein yang terkandung di dalam teh.

Thai Tea

Berbeda dengan teh tarik dan teh susu, teh khas Thailand ini memiliki warna oranye dengan rasa manis dan milky. Daun tehnya juga berbeda, yang biasanya digunakan adalah teh yang hanya tumbuh di dataran Thailand. Teh juga dicampur rempah-rempah seperti kapulaga dan daun lawang. Susu evaporasi dan susu kental manis, krimer dan gula,

Apakah Minuman Thai Tea Memiliki Manfaat?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa minuman Thai tea gak cuma menyegarkan saja tapi juga memiliki manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

Antioksidan yang tinggi

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Tufts University telah membuktikan bahwa teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Berbicara tentang kandungan ini sangatlah baik sekali karena bisa menghilangkan radikal bebas yang bisa menyerang tubuh ke dalam aliran darah yang sangatlah berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kedalam tubuh.

Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi yang telah ada pada saluran kemih telah terjadi karena peradangan yang telah terjadi di dalam saluran kemih. Untuk mencegah hal ini kalian bisa mengkonsumsi 2 hingga 3 cangkir teh hijau untuk setiap harinya. Teh hijau ini nantinya akan membantu kalian dalam membersihkan saluran kemih. Pada saat pembersihan kandung kemih ini telah terdapat kandungan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan di dalam saluran kemih.

Menghilangkan pembengkakan mata

Sebuah ahli herbal juga telah mengatakan jika kandungan Thai tea ini bisa mengecilkan mata bengkak. Hal ini telah terjadi karena kandungannya bisa merelaksasikan jaringan yang telah ada di sekitar mata. Selain bisa mengecilkan bengkak di dalam mata ada juga manfaat lainnya untuk mata.

Mengurangi alergi

Kalian cukup minum dua atau tiga cangkir thai tea dengan susu lebih banyak dan tanpa tambahan gula. Senyawa flavonoid yang terkandung pada thai tea akan dapat melindungi tubuh kalian dari peradangan dan keracunan.

Terlebih lagi bila kalian mengalami alergi. Thai tea ini akan dapat mengurangi alergi kalian.

Mencegah asma

Minum dua cangkir thai tea akan dapat mencegah kalian dari asma. Hal ini dikarenakan adanya senyawa anise bintang (star anise) yang melindungi tubuh agar penderitanya tak mengalami asma.

Kandungan anti oksida juga akan dapat menghambat zat peradangan di dalam tubuh dan ini akan membuat kekebalan tubuh kalian menjadi lebih baik.

Mencegah dan memerangi kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford University, Amerika Serikat menemukan, bahwa penyebaran sel kanker payudara stadium awal dapat dihentikan dengan mengonsumsi thai tea.

Minum secangkir thai tea akan menghalangi penyebaran sel kanker ini. Hal ini karena adanya polifenol dan anti oksida untuk menghentikan penyebaran sel kanker menjadi lebih luas.

Mengusir stres

Di Jepang, para peneliti telah membuktikan bahwa thai tea dapat menyembuhkan dan mengatasi stres. Adanya kafein pada thai tea dapat mengurangi rasa kelelahan dan stres yang terjadi pada kalian.

Andalan diet

Bagi kalian semua yang berada dalam proses diet, kalian dapat mencoba mengkomsumsi Thai tea antara waktu makan dan mengemil dan ini sangat dianjurkan. Ini akan dapat membantu sistem pencernaan dan menormalkan metabolisme. Thai tea juga akan membuat pencernaan kalian menjadi lebih baik dan juga tentunya dapat membantu mengurangi berat badan.

Sebaiknya, kalian minum satu sampai dua cangkir thai tea di di pagi hari sebelum sarapan dan di malam hari sebelum tidur.

Mengembalikan metabolisme tubuh

Thai tea dapat mengembalikan metabolisme pada tubuh kalian. Minum thai tea setidaknya secangkir tiap hari maka ini akan dapat membantu kesehatan kalian.

Mengurangi risiko stroke

Stroke ini bisa disebabkan karena pembuluh darah terhambat, yang sebagian besar biasanya dipicu oleh kolesterol tinggi akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang minuman yang terkenal dari Thailand ini. Semoga kalian bisa menyukai artikel ini ya.