Menu

Sarapan Lezat Dengan Kreasi Roti Tawar

Sarapan pagi merupakan waktu makan kita sebelum pergi kesekolah atau bekerja, tetapi tak sedikit orang membawa bekal ke sekolah ataupun tempat kerja nya karena tidak sempat sarapan dirumah. Kebanyakan orang suka dengan roti tawar isi selai kacang atau coklat sebagai menu sarapan pagi nya. Tapi tentu nya akan merasa bosan, karena menu sarapan pagi nya itu-itu saja. Jika kamu pecinta roti tawar, kamu bisa sulap roti tawar menjadi makanan enak dan lezat sebagai menu sarapan mu. Tetapi bagaimana jika ada yang lagi diet? Kamu tidak perlu khawatir karena daftar kreasi roti tawar ini ada yang untuk orang diet. Berikut beberapa kreasi roti tawar yang bisa kamu lakukan dan menjadi bekal atau sarapan pagi mu..

1. Sandwich Panggang Tuna

Kelezatan daging tuna dipadu dengan mayonnaise sangat cocok disajikan dengan roti panggang. Ini praktis banget loh buat kalian sarapan pagi atau buat bekal kalian.

Bahan yang diperlukan :

  • 6 Lembar roti tawar, panggang sebentar
  • daging tuna kalengan, suwir-suwir
  • 1 buah telur, rebus, kupas, potong membulat
  • 2 lembar keju cheddar
  • 2 lembar daun selada
  • 1 buah tomat, potong membulat
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm saus sambal
  • 2 sdm mayonnaise
  • 1 sdm bawang Bombay cincang
  • ½ sdm margarin

Cara Bikin :

  • 1. Panaskan margarin, tumis bawang Bombay hingga harum, tambahkan ikan tuna, kacang polong, saus sambal dan saus tomat, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat. Tambahkan saus mayonnaise, aduk rata. Sisihkan.
  • 2. Siapkan roti tawar, alas dengan daun selada. Beri tumisan ikan tuna, ratakan. Beri potongan telur, tomat dan lembaran keju.
  • 3. Tutup atasnya dengan lembaran roti yang lain. Potong-Potong. Atur dalam kotak bekal.

2. Pizza Roti Tawar Saus Barbeque

Udah mulai bingung mau makan roti tawar model gimana lagi ? masih banyak cara biar kamu gak bosen makan roti tawar. Nih aku kasih tau caranya bikin Pizza behbahan dasar Roti Tawar.

Bahan yang diperlukan :

  • 8-10 lbr roti tawar
  • 1/2 sdt fermipan
  • 50 ml susu cair
  • secukupnya dada ayam rebus dicacah
  • 1 bh tomat diiris halus dadu
  • 1 pcs sosis sapi
  • 4 sdm saus barbeque
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap
  • secukupnya keju cheddar parut
  • 1 sdm minyak sayur

Cara bikinnya:

  • 1. Kulit pizza: roti tawar dihaluskan dengan dicampur susu dan minyak sayur 1 sdm. Kemudian masukkan fermipan. Diuleni dan dibiarkan 30 menit dengan ditutup kain basah.
  • 2. Topping: optional.. Dan aku bikin dengan menumis bawang putih yang telah diiris halus, kemudian masukkan cacahan ayam, tomat yang di iris halus dadu, saus barbeque dan kecap. Tambahkan gula dan garam. Angkat.
  • 3. Adonan kulit dicetak dalam teflon yang telah diolesi mentega. Diratakan hingga tepi. Ditusuk-tusuk dengan garpu. Kemudian panaskan di atas kompor dengan api kecil. Jangan lupa tutup teflon agar merata panasnya selama 5 menit.
  • 4. Setelah itu oleskan topping di atasnya. Hiasi dengan sosis dan parutan keju. Tutup kembali dan panaskan selama 5-10 menit.
  • 5. Angkat dan sajikan selagi hangat. Bisa ditambahkan saos sambal bila suka.

3.  Roti Gulung Sosis Keju

Roti tawar dijadikan sebagai sandwich juga sudah biasa bukan? Resep yang satu ini pasti buat kamu ketagihan guys, selain cara buat nya yang gampang, bahan-bahan nya juga mudah didapat. Nih, cara membuat Rti Gulung Sosis Keju.

Bahan-Bahan :

  • 5     lembar roti tawar tanpa kulit
  • 5     potong sosis, seduh dengan air mendidih, tiriskan
  • 5     lembar keju, masing-masing potong 2

Bahan Pencelup:

  • 3   butir telur
  • 1 sdm tepung terigu, aduk rata
  •    Tepung roti secukupnya (untuk melumuri)
  •    Minyak goreng secukupnya

Cara Mengolah :

  • 1. Ambil selembar roti tawar, letakkan keju dan sepotong sosis, kemudian gulung roti. Gunakan tusuk gigi untuk      merekatkan.
  • 2. Celupkan ke dalam bahan pencelup (adonan telur kocok tepung terigu), upayakan gulungan roti tidak
  • terlepas, angkat.
  • 3. Gulingkan ke dalam tepung panir (tepung roti).
  • 4. Kepal-kepal agar tepung roti rekat merata.
  • 5. Panaskan minyak cukup banyak, goreng roti isi sosis keju, sampai permukaannya kecokelatan. Angkat,tiriskan.
  • 6. Siap dihidangkan.

4. Roti Tawar Gulung Rendah Kalori

Cocok nih buat kamu yang lagi diet hanya 130 kalori dan yang jelas bikinnya simpel banget dan udah bisa bikin perut kamu terasa kenyang…

Bahan-Bahan yang kamu butuhkan :

  • 4 lembar roti tawar gandum
  • 1 buah sosis siap makan
  • 1 buah wortel kukus
  • 1 buah siung bawang bombay
  • margarin oles untuk toast

Cara Membuatnya :

  • 1. Pipihkan rata roti tawar
  • 2. Isi dengan potongan sosis bawang bombay dan irisan wortel
  • 3. Toast di atas teflon anti lengket yang sudah diolesi margarin
  • 4. Potong-potong lalu sajikan dengan mayones dan saus

5. Puding Roti Tawar

Kalo kamu pecinta puding dan roti tawar dua jenis makanan ini bisa kamu jadiin satu resep makanan yang enak loh. Coba deh kamu kreasiin imajinasi kamu didapur buat bikin sesuatu yang spesial.

  • 1     bks Agar Agar Plain
  • 1/2  sdm Nutrijel Plain (Optional)
  • 3     lbr Roti Tawar Kupas Disobek sobek
  • 300  ml Susu UHT
  • 400  ml air
  • 135  gr gula pasir
  • 1     sdt vanilla bubuk
  • 2     sdm coklat bubuk, dilarutkan dengan air hangat hingga kental
    dan sedikit garam

Cara Membuat :

  • 1.Blender roti tawar bersama susu cair dan air hingga lembut dan halus.
  • 2. Tuang ke dalam panci lalu tambahkan agar agar, nutrijel, gula pasir dan sedikit garam.
  • 3. Masak sambil diaduk aduk hingga meletup dan mengental, matikan apinya.
  • 4. Ambil kira kira 2 Sendok Sayur adonan puding, campurkan dengan bubuk coklat yang sudah dikentalkan, lalu aduk rata dan cepat hingga tercampur rata.
  • 5. Siapkan cetakan yang sudah dibasahi dengan air, tuang adonan putih kemudian dituang adonan coklat secara acak, diaduk perlahan dengan sumpit supaya terbentuk marmernya, setelah agak dingin baru simpan dalam lemari es, nikmat saat disajikan saat dingin.