Menu

Rahasia Makanan Dari Kulit Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tentunya, banyak dari kita yang mengkonsumsi buah pisang karena berbagai manfaatnya ini. Di samping itu banyak dari kita yang membuang kulit pisang setelah menikmati isi dagingnya. Upss, seharusnya kita stop kebiasaan ini! Ternyata banyak manfaat dari kulit pisang loh!

Tidak percaya? Kulit pisang itu mengandung serat yang tinggi, vitamin B, vitamin C, mineral, kalsium, protein serta karbohidrat. Banyak kan? ouh ya, kulit pisang juga bisa digunakan sebagai zat pemutih alami. Ekstrak dari kulit pisang juga dapat mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan untuk mata.

“Tapi kulit pisang kan tidak bisa dikonsumsi, jadi ya dibuang saja dong”. Sekali lagi jangan ya, kulit pisang itu bisa dikonsumsi loh jika kita tau cara mengolahnya. Kok bisa? jrengg, tekniknya mengkreasikannya dengan bahan makanan lain saja. Ya uda, daripada mimin asik buat penasaran kalian terus, yuk kita lihat apa saja yang makanan yang bisa dihasilkan dari kulit pisang.

Nugget dari kulit pisang

Selama ini yang kita makan nugget kan dari dari daging kan, gimana kalau kita coba dari kulit pisang? Kan gampang bahannya mudah didapat dan sekaligus meminimalkan sampah yang dapat menimbulkan efek negatif bagi kita. Yuk kita buat!

1. Pilih kulit pisang yang bagus kalau bisa kulit pisang kepok. Bersihkan dengan air bersih dan rebuslah dengan temperatur sedang selama 15 menit. Fungsinya, rebusan akan menghilangkan getah dari kulit pisang.
2. Angkat terus blender kulit pisang yang sudah lunak dengan tambahan sedikit air dan pewarna makanan kuning.
3. Haluskan 6 siung bawang merah, 14 siung bawang putih dan 2 sendok teh garam.
4. Potong wortel dan daun bawang membentuk kotak-kotak kecil.
5. Kulit pisang yang sudah diblender dicampurkan dengan bumbu tersebut dan uleni hingga merata. Tambahkan 1 sendok teh merica bubuk.
6. Masukkan ½ kg tepung panir kuning dan ½ kg telur sambil diuleni hingga merata.
7. Sesudah itu masukkan adonan ke dalam loyang.
8. Masukkan adonan nugget ke dalam dandang, kukus selama 30 menit.
9. Setelah 30 menit, angkat dan tiriskan. Potonglah nugget menjadi bentuk persegi.
10. Kocok 4 butir telur ayam untuk membalur nugget. Setelah itu lumuri nugget dengan tepung panir. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

Treteng, Nugget hangat dari kulit pisang siap disantap.

Kerupuk dari kulit pisang

1. Cuci bersih kulit pisang dan rendam dengan air kapur.
2. Blender halus kulit pisang yang direndam air kapur.
3. Haluskan bawang putih dan garam lalu campirkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan campur dengan tepung tapiola (takarannya 5 kulit pisang = 1/4 tepung tapioka, untuk garam dan bawang putihnya secukupnya saja.)
4. Uleni adonan hingga rata, terus masukkan adonan ke dalam plastik silinder.
5. Kukus hingga matang, iris tipis-tipis setelah matang di atas tampah untuk dijemur.
6. Setelah kering dijemur, kerupuk siap digoreng.
7. Goreng dengan ukuran minyak sedang dan tiriskan.

Nyummy, enak rasanya! Coba deh kalau tidak percaya. Untuk lainnya, kulit pisang juga bisa digunakan untuk membersihkan jerawat , membersihkan gigi serta bisa dijadikan masker alami untuk muka loh! Banyak kan kegunaanya, yuk mulai sekarang kita olah dan manfaatkan kulit pisang!