Menu

Nobiiru Cheeseburger, Sajian Burger Elastis Ala Jepang

Ada yang suka makan burger nggak? Burger apa sih yang paling anda sukai? Tidak dapat dipungkiri bahwa burger merupakan salah satu jenis makanan yang saat ini sedang populer dan banyak digemari oleh masyarakat dunia. Dengan berbagai varian rasa, burger telah berhasil mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat.

Sanking populernya makanan ini, di dalam serial kartun sekalipun, burger dijadikan sebagai makanan yang sangat digemari. Contohnya saja dalam film Spongebob. Pernah nonton film spongebob kan? Di dalam film ini, restoran Krabby Patty yang merupakan sebuah restoran yang menyajikan Burger, menjadi central dari latar film tersebut.

Sebagian besar scene atau adegan terjadi di restoran ini. Adegan-adegan tersebut kebanyakan adalah adegan saat spongebob menyajikan “Krabby Patty” kepada pelanggannya.

Terlepas dari kegemaran memakan burger ini, apakah anda tahu darimana asal makanan ini sebenarnya? Mungkin “nggak” lah ya. Ngapain repot-repot tahu asalnya darimana, yang penting makan aja. Pasti itu yang ada dikebanyakan benak masyarakat. Bener nggak?

Makanan yang bernama burger ini sebenarnya memiliki asal-asul yang tidak begitu jelas. Tidak ada bukti yang kuat untuk menunjukkannya. Hal ini juga sempat menjadi perdebatan di dunia. Tapi perdebatan tersebut tidak sampai menimbulkan kerusuhan. Ada yang mengatakan bahwa burger berasal dari Amerika. Burger ini dibuat oleh Louis Lassen pada tahun 1900. Ada pula yang menyebut bahwa burger dibuat pertama kali oleh Otto Kuase di Jerman.

Tentang pendapat siapa yang benar, sudah tidak menjadi persoalan yang besar sekarang, karena burger telah mendapat pengakuan secara nasional di Amerika saat berlangsungnya St. Louis World’s Fair di tahun 1904. Sandwich ini disebut sebagai inovasi dari vendor makanan. Dengan kata lain, Amerika lah negara pertama yang membuat burger.

Sebagian dari masyarakat mungkin sudah tahu pengertian Burger ini sebenarnya. Burger sering diartikan sebagai sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar, yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Wuah, jadi lapar nih guys.

Untuk bisa menikmati makanan ini, anda bisa dengan mudah menemukannya di sekeliling tempat tinggal anda. Kecenderungan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan ini, menjadi sebuah peluang bisnis yang besar bagi para pengusaha kuliner. Jadi gak perlu jauh-jauh lagi beli burger kalau lagi kepengen. Cukup jalan ke pasar, anda akan menemukan para pedagang burger sedang menjajakan jualannya.

Sama halnya seperti para pedagang burger kecil-kecilan di pasar, sebuah restoran di Jepang juga tidak mau kalah. Jepang kembali memperlihatkan kemampuan inovasinya lewat sebuah makanan. Sajian makanan di restoran tersebut sangat unik dan pastinya belum pernah ada sebelumnya. Jenis atau varian burger unik yang ada di restoran ini bernama Cheeseburger.

Yang unik dari sajian cheeseburger di restoran Jepang ini adalah terletak pada keju yang digunakan. Keju pada Cheeseburger ini sangat elastis karena bisa ditarik sampai sepanjang 45 cm. Wow, ini keju atau karet sebenarnya ya? Burger unik yang satu ini diciptakan oleh salah satu franchise burger di Jepang, yaitu Lotteria.

Burger unik ini pertama kali diperkenalkan di beberapa lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya, yaitu di Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka, dan Sapporo. Perkenalan resminya ke seluruh Jepang tersebut rencananya akan dimulai pada tanggal 16 Maret ini.

Lotteria tidak hanya menyediakan satu varian burger, melainkan 2 varian burger. Varian burger tersebut antara lain Nobiiru Cheeseburger (tanpa beef) dan Nobiiru Cheese and Beef Burger. Nobiiru Cheeseburger dengan isi tumpukan hash brown potato dan irisan keju mozzarella pada bagian bawah bun ini dijual dengan harga 420 yen yaitu setara dengan Rp. 48.800. Sedangkan Nobiiru Cheese and Beef Burger dengan isian yang sama, tapi dengan tambahan beef patty sebelum lapisan keju mozzarellanya, dijual lebih mahal sedikit, yaitu 520 yen atau setara dengan Rp. 60.500.

Keunikan sajian lainnya terdapat pada saat pemesanan burger tersebut. Restoran ini menyajikan pengunjung sebuah alas piring kertas yang bergambar penggaris dalam ukuran centimeter. Dengan adanya alas piring tersebut, pengunjung dapat mengukur keelastisitas keju pada burger yang dipesan.

Banyak orang yang berfikir bahwa iklan Lotteria yang ditayangkan hanyalah kebohongan semata. Akan tetapi, apa yang dipikirkan masyarakat ternyata salah. Keju tersebut tidak hanya bisa ditarik hingga 45 cm, tapi juga bisa lebih elastis dari batas tersebut.

Nah, sekarang saatnya berbicara tentang rasa dari burger unik tersebut. Untuk rasanya sendiri, rasa Nobiiru Cheeseburger ini sama menariknya dengan keunikan elastisitas yang dimiliki. Kejunya yang elastis, kentangnya yang renyah dan rotinya yang lembut dan juga empuk, membentuk kesatuan rasa yang sangat lezat. Apalagi jika yang anda pesan adalah Nobiiru Cheese and Beef Burger, maka anda juga akan mendapatkan bonus daging lezat yang juicy.

Meskipun unik dan lezat, sayangnya, ketersediaan burger ini tidak sepanjang elastisitas keju yang dimiliki. Burger unik yang ada di Jepang ini hanya tersedia sampai pertengahan April 2017. Nah, bagi anda yang tertarik untuk mencobanya, segera booking pesawat ke Jepang, agar anda tidak ketinggalan untuk mencobanya.