Menu

Menu Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Hallo semuanya apa kabar? Tentunya baik dong, selamat menunaikan ibadah ya guys. Kali ini kita akan membahas mengenai makanan yang mengangkut dengan menu berbuka puasa.

Dalam berbuka puasa, kita tidak boleh lupa akan makanan yang kita makan, yang harus kita perhatikan yaitu kandungan yang terdapat dalam makanan atau minuman tersebut, karena kalau kita tidak perhatikan hal tersebut di dalamnya, kemungkinan tubuh kita pada saat berpuasa sangat berbeda dengan seperti biasanya. Biasanya yang paling rentan yaitu masalah lambung, untuk itu jangan makan makanan yang asam-asam, pedas atau makanan lainya yang dapat menimbulkan asam lambung, tapi cobalah beberapa makanan ala Nusantara khas Indonesia seperti kolak, es pisang ijo dan kue lapis. Daripada kalian bingung, mending scroll ke bawah aja deh.

1.  Kolak

Kolak merupakan makanan sekaligus minuman penyegar ringan. Kolak biasanya terdiri dari ubi jalar, salut biji nangka, atau umbi singkong yang diberi cairan manis dan gurih yang terbuat dari gula kelapa atau gula jawa dan santan yang diberi dengan daun pandan agar wangi. Sebagai tambahan, dapat pula diberi seperti kolang-kaling. Namun sebaliknya, kolak sangat populer dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Karena pembuatannya mudah, hampir tidak dikenal variasi tempatan dalam resepnya. Konsumsi kolak biasanya dapat meningkatkan pada bulan Ramadhan karena kolak populer sebagai makanan pembuka puasa.

2.  Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula jawa bersama seikat daun pandan dan dimasak sampai mendidih sehingga kacang hijau itu menjadi lunak. Lalu siap disajikan dengan memberi santan yang telah dimasak ke dalam bubur kacang hijau dan bubur kacang hijau ini enak diminum/ dimakan saat hangat maupun dingin (dengan cara memberinya es batu ke dalam bubur kacang hijau tersebut). Biasanya bubur kacang hijau dihidangkan pada santapan pertama pada saat berbuka puasa.

3.  Bingka

Bingka adalah kue yang menjadi ciri khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya sangat manis, lemak dan lembut. Bingka ini merupakan salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk menyajikan 41 jenis kue untuk acara-acara istimewa seperti pernikahan. Meski dapat ditemukan sepanjang tahun, bingka menjadi primadona pada bulan Ramadhan karena dianggap cocok untuk berbuka puasa.

4.  Kue Lapis

Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis dengan adanya dua warna. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah Indonesia. Kue lapis ini biasanya banyak dicari oleh orang-orang pada saat bulan puasa karena kue ini manis dan enak serta sangat cocok untuk berbuka puasa.

5.  Es Pisang Hijau

Pisang ijo atau Es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, utamanya di kota Makassar yang terbuat dari bahan utama berupa pisang ijo. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Diberi dengan tepung berwarna dan dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan. Biasanya pada ramadhan tiba, makanan ini sangat diburu oleh para pelancong untuk mencicipnya pada saat berbuka puasa tiba.

6.  Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Kalau Anda mau memasaknya, ini perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak secara bersamaan. Gudeg ini dapat dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena rasanya manis dan menyehatkan.

7.  Nasi Uduk

Nasi uduk adalah sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam. Pada malam hari, biasanya nasi uduk dijual di warung pecel lele, yaitu warung yang menjual nasi uduk beserta lauknya, seperti: lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng. Enak dan gurih dengan berbagai macam tambahan – tambahan, pastinya sangat menggoyang lidah kita pada saat berbuka puasa.

Itulah beberapa makanan khas ala Nusantara Indonesia yang bisa Anda lihat diatas. Semoga informasi ini berguna bagi semuanya yang mencari makanan tersebut mungkin bisa mencoba icip- icip masakan ini? Boleh saja asal jikalau sudah waktunya untuk berbuka puasa.