Menu

Mantap!! Makanan Lokal Yang Super Nendang Di Surabaya

Jika Anda menyukai masakan Indonesia, saya rasa Anda harus menjadi pelanggan setia restoran terdekat Indonesia di suatu tempat di negara yang kita cintai. Jika hal ini terjadi, saya yakin Anda terbiasa dengan makanan Indonesia mainstream, seperti ‘soto’, sup ayam dengan kekuningan ramuan ‘kunyit’. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada banyak jenis masakan Indonesia bahwa Anda hanya bisa merasakan dengan melakukan perjalanan ke daerah-daerah tertentu di Indonesia di mana makanan berasal? Jika kebetulan berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia (atau kota sekitarnya), ada makanan lokal tertentu yang harus di coba, yang hampir tidak mungkin untuk menemukan di negara Anda dan hampir di bagian lainnya dari Indonesia.

1. Rawon, The Dark Beef Soup

Rawon mungkin salah satu sup yang paling terkenal dengan adanya warna yang gelap. Karena ini bener- bener sup daging yang gurih dan rasa makanan ini tidak ada sama sekali terasa hambar. Apalagi jika kita memakannya dengan nasi pasti rasanya jauh lebih nendang lagi yang di kombinasi dengan Warna gelap berasal dari jenis herbal bernama ‘kluwak’, yang terbuat dari olahan ‘kluwak’ kacang, sehingga di dalam rawon ini terasa sedikit pahit. Karena rawon sangat populer di Surabaya, dan kita pun juga bisa menghayal- hayal untuk pergi ke restoran ‘Depot Andari Fit’ yang terletak di Jalan (berarti jalan) H.R. Mohammad di Surabaya Barat.

2. Rujak Cingur, The Spicy Salad With Beef Lips

Indonesia memiliki beberapa jenis salad pedas, tapi ‘rujak cingur’ adalah sulit untuk ditemukan oleh seseorang, kecuali bila Anda bepergian ke Jawa Timur pasti kita akan menemukan dengan mudah dan tepat. Karena di dalam makanan ini juga berisi sayuran mentah dan buah-buahan, seperti mentimun, nanas, dan mangga muda, termasuk yang mungkin sulit untuk menemukan di negara Anda, seperti kale (mirip dengan bayam, tapi crispier) dan ‘bengkoang’ (jicama, sejenis akar tanaman yang renyah dan berair).

adalah bagian yang tak terpisahkan dari salad pedas ini, yang tidak pernah kita makan sama sekali. Jadi wajar aja Anda akan terkejut apabila Anda menemukannya bahwa itu adalah benar-benar ada apalagi dengan hanya memotong chewiest daging sapi! Biasanya dimakan dengan jenis cracker bernama ‘krupuk’, ini mungkin adalah salad paling gelap di dunia, sebagai bahan utama dalam masakan dengan saus yang super pedas karna ini adalah jenis fermentasi udang bernama ‘petis’, yang gelap dan amis. Banyak ‘warung’ (tempat makan kecil atau warung makanan). yang melayani khusus ini, tetapi jika ini kebetulan berada di Surabaya Plaza Mall, kita bisa saja pergi langsung ke sebuah restoran bernama ‘Rujak Cingur’, yang terletak di lantai 2.

3. Tahu Tek, The Delicious Supper Omelet

Ini adalah yang paling umum untuk di makan apalagi terdapat di kota-kota dan desa-desa di seluruh Jawa Timur, dan dijual oleh penjaja makanan di roda tiga yang dimodifikasi sebagai dapur mobile. Ini telur dadar yang terbuat dari telur yang telah bergegas bersama-sama dengan bean curd, lalu di atasnya itu di berikan sedikit saus kacang manis agar lebih gurih lagi. (saus yang sama dengan ‘rujak cingur’) dan ‘krupuk’. Anda hanya dapat menemukan ‘industri tahu tek’ setelah senja, karena itu saat mereka pergi menyusuri jalan-jalan dan memukul gong bambu (kedengarannya seperti ‘tek tek tek’, dan itulah kata ‘tek’ berasal dari) untuk menarik orang agar keluar dari rumah mereka untuk membeli makanan ini.

4. Lontong Balap, Yummy Tauge Sup Dengan ‘Lontong’

‘Lontong balap’ adalah makanan Surabaya. Tidak heran orang-orang dari daerah lain di Indonesia selalu berharap untuk makan lontong balap, karena ini adalah salah satu hal Surabaya yang paling terkenal. Karena ini daging sup sapi dengan lontong dan bahan- bahan makanan ini adalah seperti (kue beras Jawa), tauge, tahu goreng, dan ‘lento’ (goreng kue kacang hijau), diatasnya di hiasin dengan bawang merah goreng. Maka dari situlah lontong balap ini sangat populer bahkan mempunyai citra rasa yang luar biasa. Dan banyak sekali di antara penduduk setempat, yang pergi keluar untuk mencari ‘Lontong Balap Pak Gendut’, sebuah ‘warung kaki lima’ (istilah untuk sebuah warung yang terletak di pinggir jalan), yang terletak di Jalan Kranggan. Dan kios itu pun telah ada sejak pada tahun 1956 dan selalu dikemas dengan penggemar ‘lontong balap’, terutama pada saat makan siang.

5. Lontong Kikil, The Cow’s Foot Soup

Dari 5 makanan Surabaya ini sangat berbeda, yang satu ini benar-benar tidak bisa dilewatkan lagi karena merupakan must-have makanan untuk banyak orang dari Jawa Timur ketika ada suatu acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, syukuran. Dan ada banyak Seperti daerah lain di Asia, hampir semua bagian orang yang sukak makan sup sapi ini apalagi di bagian kakinya itu adalah hal yang di inginkan, yang sebenarnya adalah salah satu bagian fattiest. Jika Anda berada di Surabaya, itu sangat disayangkan jika Anda melewatkan makan ‘lontong kikil’, tebal dan gurih sup daging sapi dengan ‘lontong’ dan ‘kikil’, kaki sapi. Tidak hanya dengan memakannya ini dalam acara khusus, tetapi Anda bisa pergi ke ‘Jalan Kutai. Yang bukanya setiap hari sampai 11 pm.