Menu

Manfaat Yang Wajib Diketahui dan Tips Memilih Cokelat Yang Sehat

Manis dan lembut, apalagi kalau bukan cokelat. Salah satu cemilan yang terkenal di seluruh penjuru dunia ini memang sudah tak bisa diragukan lagi kelezatannya. Bicara soal popularitas juga nggak bisa dipungkiri karena cokelat bisa kita jumpai dimana saja.

Cokelat juga memiliki perkembangannya yang cukup pesat, dalam sejarah perjalanannya kemudian cokelat dibawa ke Spanyol dan kemudian masyarakat di sana memberinya campuran gula sehingga rasanya sangat enak. Hingga kini banyak produk makanan cokelat yang dijual di pasaran. Maka wajarlah jika sekarang ini cokelat menjadi salah satu produk makanan yang paling disukai oleh banyak masyarakat.

Meski sudah menjadi makanan yang banyak disukai oleh orang di seluruh penjuru dunia dan dengan rasanya yang manis tak jarang juga cokelat disebut sebagai makan yang tak sehat. Namun tahukah kalian jika cokelat juga menyimpan banyak sekali manfaat, selain dapat mengubah mood seseorang dengan mengkonsumsi cokelat kita juga akan mendapatkan beberapa manfaat lainnya, berikut adalah manfaat cokelat yang belum banyak diketahui orang:

1. Cokelat untuk ibu hamil


Jika biasanya ibu-ibu hamil sering dilarang untuk mengkonsumsi cokelat karna ditakutkan akan mengakibatkan kegemukan, ternyata salah. Nah, bagi anda yang sedang mengandung dan dulunya hobi banget ngemilin cokelat, kalian nggak perlu takut gemuk jika saat hamil makan coklat, sebab kebiasaan ngemil cokelat ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil lho.

Khasiat cokelat untuk ibu hamil ternyata sangat luar biasa. Makan cokelat dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan serius yang dikenal dengan sebutan Preeklamsi. Dark cokelat mengandung zat kimia yang disebut theobromine yang fungsinya dapat menstimulasi jantung, merilekskan otot otot serta memperbesar pembuluh darah.

Ibu hamil yang ngemil cokelat 5 kali dalam seminggu, maka mereka 40% cenderung tidak mengalami preeklamsi atau memiliki risiko lebih rendah mengalami preeklamsi. Selain itu ngemil cokelat saat sedang hamil dapat membuat daya tahan tubuh bumil menjadi lebih kuat, sehingga bumil terhindar dari penyakit. Jadi tidak perlu merasa bersalah apabila ngemil cokelat, sebab cokelat justru sangat bermanfaat bagi kehamilan.

2. Cokelat untuk kecantikan


Selain bermanfaat untuk ibu hamil, cokelat juga bermanfaat bagi kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam cokelat telah terbukti mampu menjaga kecantikan dan kesehatan kulit karena cokelat dapat mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam pada kulit wajah dan mengembalikan warna kulit kecoklatan akibat paparan sinar matahari. Selain itu juga cokelat juga bisa membuat kulit anda terlihat lebih muda karena kamndungan flavonoid yang meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Oleh sebab itu cokelat sering digunakan untuk perawatan kulit.

3. Cokelat untuk diet


Jika dulu anda takut untuk mengkonsumsi cokelat lantaran takut gemuk, nah sekarang nggak usah takut lagi karena berdasarkan penelitian ternyata cokelat tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk justru sebaliknya, akan membuat tubuh menjadi lebih kurus.

Meskipun cokelat mengandung banyak kalori, tapi berdasarkan penelitian, mereka yang makan cokelat secara rutin atau setiap hari akan memiliki lemak tubuh lebih sedikit dibandingkan mereka yang jarang makan cokelat. Para peneliti berasumsi bila kalori yang terdapat dalam cokelat bukanlah kalori biasa karena kandungan yang terdapat pada cokelat dapat membuat metabolisme dalam tubuh bekerja lebih keras. Artinya, cokelat dapat mengimbangi lemak-lemak yang sudah lama tertumpuk di dalam tubuh, sebab bahan – bahan yang terkandung dalam cokelat memiliki kemampuan untuk menetralkan lemak dalam tubuh.

4. Mencegah kerusakan gigi


Jika dulu pas kecil kalian sering dilarang makan cokelat sama orang tua karena takut nanti gigi kalian rusak, itu salah. Karena yang dapat ngerusak gigi bukanlah cokelat, melainkan gula yang terkandung dalam panganan tersebut. Tidak masalah jika anda makan cokelat asalkan harus disiplin untuk mengosok gigi. Hasil penelitian juga telah mengatakkan bahwa cokelat mengandung zat theobromine yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, yaitu bakteri yang memberikan konstribusi dalam kerusakan gigi pada rongga mulut.

5. Meningkatkan kualitas bercinta


Menurut penelitian, bagi wanita yang mencintai cokelat cenderung memiliki gairah seksual yang lebih tinggi daripada wanita yang tidak menyukai cokelat. Mereka juga mengungkapkan bahwa jika mengonsumsi sebatang cokelat sebelum berhubungan seks dapat memberikan rasa rileks dan kepuasan dalam aktivitas seksual.

Tips Memilih Cokelat Yang Sehat

Bagi kalian pecinta cokelat sebaiknya harus pintar-pintar memilih cokelat yang ingin kalian konsumsi. Seiring berkembangnya zaman dan banyaknya jenis cokelat yang beredar di pasaran, salah satunya adalah cokelat putih, namun kandungan yang lebih bermanfaat tetap terkandung dalam dark cokelat. Untuk itu agar anda tak salah pilih perhatikan tips pintar memilih konsumsi cokelat berikut ini:

  • Konsumsilah Dark Chocolate. Dark Chocolate mengandung antioksidan polifenol yang dapat menecegah timbulnya resiko diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Manfaat dari kandungan ini tidak dijumpai dari white chocolate yang hanya mengandung cooca butter dan gula saja.
  • Dark Chocolate lebih tinggi gizi dibandingkan dengan White Chocolate. Kandungan antioksidan dalam dark chocolate terbukti 60% lebih tinggi yang bermanfaat untuk tubuh kita dibandingakan dengan White Chocolate.
  • Makan dengan pintar. Meskipun kaya akan manfaat, namun cokelat tetap saja tinggi akan gula dan kalori. Faktanya sebanyak 51% dari cokelat terdiri dari gula. Untuk pilihan yang lebih sehat, sebaiknya konsumsi cokelat yang lebih segar dan bebas dari gula atau batasi untuk tidak menyantap lebih dari 1 potong (sekitar 30 gram) cokelat setiap harinya.

Nah guys, sekarang kalian nggak perlu takut lagi buat konsumsi cokelat. Nggak perlu takut gemuk, nggak perlu takut gigi rusak, asalkan makan secukupnya dan jangan lupa sikat gigi ya guys!