Menu

Makanan Sehat Ala Jepang Yang Wajib Dicoba

Jepang terkenal dengan budaya unik dan budaya malu nya. Jepang juga termasuk negara yang bersih dan memiliki hidup yang sehat. Terbukti karena salah satu kota di jepang telah di nobatkan sebagi kota terbersih di dunia. Hidup sehat ala Jepang pun telah di akui dunia. Tak sedikit orang di dunia yang mengikuti sehat ala Jepang. Kamu nggak mau ikutan guys? biar sehat kayak orang Jepang?!. Hidup sehat ala Jepang pun tak harus mengeluarkan uang yang banyak. Karena Jepang melakukan hidup sehat nya bukan pergi untuk ngegym ataupun dengan makanan-makanan mahal.

Jepang melakukan hidup sehat nya dengan berolahraga ringan di pagi hari seperti, jalan kaki ketika hendek pergi ke kantor/sekolah hingga ke stasuin kreta. Jepang juga minum air dengan teratur dan di bantu dengan teh hijau yang memiliki khasiat yang baik. Dan yang paling utama dalam kesehatan adalah makanan nya, Jepang tidak memakan makanan yang lama di masak (lama di goreng, karena mengurangi gizi). Seperti makanan yang terkenal dari Jepang “shusi”. Shusi memiliki gizi yang cukup baik, karena terdapat protein seperti ikan, karbohidrat dari nasi dan rumput laut yang segar. Jika kamu ingin tau lagi makanan sehat yang di konsumsi orang Jepang, yuk simak daftar makanan yang di konsumsi orang Jepang agar tetap sehat.

1. Natto

Orang Jepang terbiasa melahap nasi hangat dengan natto saat sarapan. Natto adalah fermentasi kacang kedelai dengan tekstur lengket, aroma kuat, dan rasa unik. Karena keunikannya ini, tidak banyak orang menyukai natto termasuk orang Jepang. Selain dimakan dengan nasi, natto juga dijadikan isian sushi atau topping pasta.

2. Rumput laut

Rumput laut kaya akan mineral, seperti yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan puluhan mineral lainnya yang kita butuhkan untuk sistem kekebalan tubuh. Rumput laut juga sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. Rumput laut pun dinilai lebih banyak mengandung mineral dibanding sayuran yang tumbuh di atas tanah.

3. Tsukemono

Acar (tsukemono) tak bisa dipisahkan dari nasi dan sup miso yang juga jadi menu sarapan tradisional Jepang. Berbagai buah dan sayur dapat dijadikan acar, namun yang paling terkenal adalah acar plum (umeboshi), acar lobak (daikon), dan acar aneka sayur yang terdiri dari timun, wortel, terung, dan lobak daikon (nukazuke).

4. Mie Soba

Mie Jepang asli penuh gizi yang terbuat dari tepung soba ini memberikan vitamin B1 dan B2, beberapa mineral, dan hampir dua kali jumlah protein yang ditemukan dalam beras. Kandungan Bioflavanoid yang ditemukan di mie soba dapat memperkuat kapiler dan sangat membantu proses penyembuhan penderita arteriosclerosis dan tekanan darah tinggi.

5. Sup Miso

Miso terbuat dari kedelai yang difermentasi dan merupakan bumbu yang sangat umum dikonsumsi di Jepang. Setiap mangkuk sup miso membawa porsi sehat senyawa kuat isoflavon yang memiliki sifat antikanker dan mencegah tubuh Anda memproduksi sel-sel lemak yang berlebih. Miso dapat menyembunyikan bau amis ikan atau daging dan memberikan rasa yang lebih enak pada makanan.

6. Sashimi

Akan sulit membicarakan makanan Jepang tanpa menyebut ikan yang telah lama menjadi bagian penting dalam budaya makanan Jepang. Kata “sashimi” digunakan untuk mengartikan makanan apapun yang diiris dalam kondisi yang paling segar, terutama ikan. Apapun ikan yang kamu pilih, kamu dijamin mendapatkan protein dan nutrisi yang sangat besar dengan sesedikit mungkin lemak.

7. Nigiri Sushi

Nigiri sushi merupakan irisan ikan mentah yang menutupi gumpalan nasi yang dibuat dengan ukuran yang mudah dimakan. Agar tidak terlepas dari nasinya, nigiri sushi ini diikat dengan potongan-potongan rumput laut. Terkadang di beberapa restoran sushi, sang koki mengganti nasi putih dengan beras merah, yang tentu saja kaya akan serat dan nutrisi.

8. Wasabi

Wasabi adalah bagian penting dari pengalaman makan sushi atau sashimi. Makanan Jepang unik ini mengandung bahan kimia anti-kanker yang sama yang ditemukan dalam brokoli dan kubis. Rasanya yang pedas dapat mengeluarkan rasa dari makanan dan diduga mengurangi risiko serangan jantung.

9. Tofu

Makanan ini sangat fleksibel dan stabil dalam masakan Asia. Sama seperti jamur shitake, tahu ini tinggi protein dan rendah kalori. Tofu dapat disajikan dengan hampir semua masakan dan merupakan cara yang sangat efisien untuk mendapatkan protein bagi tubuh kamu.

10. Matcha

Matcha merupakan bubuk teh hijau tradisional yang terbuat dari pucuk daun tamanan teh. Teh hijau, khususnya matcha banyak mengandung jenis flavanol yang disebut catechin. Zat tersebut dapat menjaga antioksidan dalam tubuh. Selain itu, matcha juga mengandung zat theanine dalam jumlah tinggi. Zat ini memberikan efek relaksasi pada pikiran dan membantu melindungi efek negatif dari stres. Secara umum, matcha dipercaya dapat mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer, jantung, hingga kanker.

Nah, itulah beberapa makanan sehat masyarakat Jepang. Apakah kamu tertarik untuk ikut mengkonsumsi nya guys? Kelihatan nya sup miso dan nigiri sushi nya lezat juga tuh? hihihi. Silakan mencoba makanan sehat ala negeri sakura guys. Arigatou ^_^