Menu

Makanan Ringan Indonesia Yang Harus Dicoba

Indonesia adalah memiliki budaya yang beragam dan kaya. Setiap provinsi memiliki custom unik, bahasa, pakaian adat, bahkan piring dan makanan ringan. Kita tidak bisa bicara tentang budaya tanpa berbicara tentang makanan, kan? Keragaman di Indonesia telah menyebabkan warisan kuliner yang kaya. Dari rendang terkenal untuk salad Indonesia gado-gado, setiap makanan Indonesia benar-benar layak untuk mencoba. Kami sudah berbicara tentang harus mencoba masakan Indonesia, dan sekarang mari kita bicara tentang makanan ringan Indonesia yang lezat dan terkenal.

1. Klepon

Klepon adalah makanan ringan Indonesia yang terkenal, dan sering dikategorikan sebagai Jajanan Pasar (makanan ringan yang dapat Anda temukan di pasar tradisional). Hal ini dibuat dari tepung beras dan tepung beras ketan ¬†dan diisi dengan gula aren cair. Snack marmer berbentuk juga ditutupi oleh kelapa parut. Ketika Anda mengunyahnya, klepon akan ‘pop’ di mulut Anda dan gula aren cair yang manis akan membuat selera Anda yang luar biasa!

2. Onde- Onde

Onde-onde Sama seperti Klepon, Onde-onde juga salah satu jajanan pasar di Indonesia. Onde-onde berasal dari Mojokerto, Jawa Timur dan membuat kota yang dijuluki sebagai ‘Kota Onde-onde’. Hal ini dibuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan kacang hijau. dengan kulit dilapisi dengan biji wijen dan membuat camilan ini rasanya manis dan sedikit asin. Hari-hari ini, ada banyak toko-toko yang menjual Onde-onde ini dengan berbagai rasa dan mengisi, seperti rasa ubi jalar dan cokelat.

3. Panada

Panada adalah makanan ringan tradisional dari Manado, Sulawesi Utara. Ini semacam goreng roti dengan pedas robek tuna mengisi. Lembut roti, dan dikombinasikan dengan tuna dan dicampurkan dengan rempah-rempah Manado segar akan membuat Anda ingin makan lagi dan lagi. Anda dapat menemukan makanan ringan ini di pasar atau restoran Manado.

4. Getuk

Getuk adalah makanan ringan Jawa yang terbuat dari singkong. Ada dua jenis getuk: getuk, adalah singkong kukus ditaburi dengan gula aren, sehingga berwarna coklat dan tekstur agak kasar sedikit. Kedua adalah lindri getuk, itu adalah ketika singkong dikukus digiling dengan gula, dan diwarnai dengan pewarna makanan dan vanili ekstrak. Setelah itu, ia dibentuk menjadi kecil, bentuk panjang sehingga terlihat seperti mie dan kemudian dipotong-potong persegi. Biasanya disajikan dengan kelapa parut dan sirup gula. Anda dapat menemukan getuk di pasar (di pagi hari), snack jajanan, atau di toko terutama di wilayah Jawa.

5. Surabi

Surabi atau serabi adalah pancake Indonesia yang dibuat dari campuran tepung beras dan santan atau polos kelapa parut. Sebagian besar serabi tradisional rasanya manis, seperti yang biasanya dimakan dengan kinca atau kelapa dan gula berwarna emas sirup kental. Tapi saat ini ada banyak jenis topping serabi dari oncom untuk daging sapi cincang dan keju. Serabi dari Bandung biasanya pengering dan lebih tegas dengan berbagai macam topping, sedangkan serabi Solo yang lebih tradisional dengan sedikit setengah matang di pusat dan tipis kerak renyah. Anda dapat menemukan serabi di pasar tradisional, jalan penjaja serabi, atau toko-toko hadiah.

6. Cireng

Cireng adalah makanan ringan tradisional Sunda yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung jagung. camilan ini benar-benar sangat populer di Priangan, Jawa Barat, namun kini kita dapat menemukan hampir di mana-mana di Jawa. Nama ‘cireng’ sebenarnya merupakan singkatan dari ‘aci digoreng’ tapioka harfiah berarti goreng, yang adalah apa itu benar-benar. Biasanya cireng disajikan secara bersama dengan pedas saus kacang dengan mencelupkan. Kita dapat menemukan banyak variasi cireng dengan ayam, sosis, bahkan daging sapi.

7. Bika Ambon

Bika Ambon adalah makanan penutup yang terbuat dari tepung tapioka, telur, gula, ragi dan santan. ragi menciptakan gelembung yang memberikan Bika Ambon tekstur kenyal unik ketika dipanggang. Meskipun nama mengandung kata “Ambon”, nama sebuah pulau dan kota terbesar di Indonesia, Bika Ambon secara luas dikenal sebagai khusus kue dari Medan, Sumatera Utara. Biasanya orang yang mengunjungi Medan membawa kue ini sebagai hadiah ke rumah mereka. Tapi, jangan khawatir; sekarang Anda tidak perlu mengunjungi Medan karena pertama yang membeli Bika Ambon, karena mudah ditemukan di toko-toko kue atau roti di seluruh Indonesia.

8. Keripik Tempe

Keripik Tempe atau kerupuk tempe adalah makanan ringan yang terbuat dari diiris tipis tempe dan dilapisi dengan bawang putih dan ketumbar tepung adonan. Rasa asin dengan aroma bawang putih yang lezat. Saat ini ada banyak fusi kerupuk tempe dengan berbagai rasa seperti cabai, keju, barbeque, bahkan rumput laut rasa. makanan ringan ini tersedia dan di hampir di mana-mana di Jawa, baik itu dijual sebagai hadiah (biasanya hadiah dari Malang, Jawa Timur) atau hanya untuk camilan santai.

9. Kue Cubit

Kue Cubit merupakan salah satu makanan ringan yang populer di Jakarta. camilan kecil ini biasanya dijual dekat sekolah oleh pedagang asongan. Kue Cubit terbuat dari susu dan tepung terigu adonan, dan dibentuk dalam stainless steel kue cubit cetakan. Nama ‘kue cubit’ (secara harfiah berarti kue terjepit) diambil dari cara pembuat kue cubit menghapus dimasak kue cubit dengan menggunakan penjepit / penjepit sehingga terlihat seperti kue sedang terjepit. Saat ini, ada banyak variasi kue cubit rasa dan topping, seperti beludru merah, teh hijau, dan rasa kopi. Dikatakan bahwa kue cubit rasanya lebih baik ketika itu setengah matang. Lezat!

10. Lemper

Lemper adalah makanan ringan yang terbuat dari beras ketan kukus dan diisi dengan daging sapi, ayam atau daging ikan. Rasanya memang benar- benar ¬†gurih, karena beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah lainnya seperti daun salam dan sereh. Nah, kita dapat mengatakan itu seperti ‘sushi Indonesia’ tanpa rumput laut dan wasabi! Anda dapat menemukan lemper di pasar tradisional atau toko roti di seluruh Indonesia.