Menu

Makanan Korea Ini Sama Persis Dengan Indonesia

Siapa coba yang tak suka dengan makanan? Kurasa hampir semua orang yang menyukainya kan? Makanan merupakan menu utama bagi semua orang. Jika memang makanan kebutuhan paling utama, yang jelas kita pilih adalah makanan yang enak kan guys.

Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia. Mungkin kalian penasaran kan makanan Korea apa yang sama dengan makanan atau masakan orang Indonesia. So, langsung aja kita cek makanan dalam drama Korea yang mirip dengan makanan Indonesia.

1. Dakkochi dan Sate Ayam

Sebenarnya hampir tiap negara punya makanan khas berbentuk sate. Untuk di Korea, ada satu sajian bernama Dakkochi yang biasa disajikan di pinggir jalan. Banyak pula yang menggemari makanan ini, itulah kenapa gerai yang menjual makanan ini selalu ramai. Tapi coba lihat lebih seksama, Dakkochi ini mirip dengan makanan khas kita lho, sate ayam! Yang berbeda hanyalah penggunaan bumbu, itupun sekilas mata terlihat hampir sama. Ada yang sudah pernah coba?

2. Kultarae dan Gulali

Kultarae, jajanan khas Korea ini juga banyak digemari warga di sana. Mirip gulali, ya? Atau mungkin, bisa juga dibilang mirip rambut nenek. Meskipun rasanya sama-sama manis, namun yang membedakan adalah warna dan tekstur di dalam. Kultarae dijual dengan warna putih dan memiliki isian kacang. Sepertinya enak, nih!

3. Bibimbap mixed rice dengan lotek

Makanan korea bibimbap yang sering banget di jumpai dalam drama korea ini ternyata mempunyai kemiripan dengan salah satu makanan tradisonal khusunya sunda yaitu dengan lotek kesamaan dari bahan seperti wortel, tauge, kacang panjang yang membedakan antara lotek dan bibimbap adalah kalo lotek itu biasanya menggunakan bumbu kacang sedangkan kalo bibimbap mixed rice dengan kecap atau kecap asin dan memakai telur dan wijen.

4. Jajangmyeon dan mie ayam

Salah satu makanan paling sering ada dalam drama korea atau variety show korea makanan yang paling banyak mencuri perhatian selain ramyun korea ini, banyak yang penasaran dengan cita rasa jajangmyeon ini tapi kalian tau maknan ini ada persamaan dengan mie ayam cuman kalo jajanggmyeon itu memakai pasta kedelai hitam sedangkan mie ayam tidak pakai cuman pakai exstension aja kecap.

5. Chamchijeon dan Bakwan Jagung

Wah, kalau ini hampir serupa! Foto di sisi kiri bernama Chamchijeon yang berupa pancake berbahan dasar ikan tuna, sedangkan di sisi kanan, sudah pasti kamu tahu. Bakwan jagung! Yang membuatnya mirip adalah bentuk dan tampilannya, sedangkan rasanya agak jauh berbeda.

6. Dakgang jeong dan Semur ayam pedas

Makanan yang satu ini memang tidak terlihat perbedaanya cuman nama aja kali yang berbeda disana dakgangjeong kalo disini ayam pedas sama sama merah. perbedaannya itu terletak pada tambahannya saja di korea biasa di taburi wijen.

7. Gangjeong dan jipang atau ranginang

Bisa dibilang, kedua makanan ini persis 98% mirip! Kalau di Indonesia, tentu namanya jipang, atau ada juga kipang. Sedangkan di Korea, namanya adalah Gangjeong atau sering disebut rice crispy. Di Korea, makanan ini banyak diburu karena bermanfaat untuk melangsingkan tubuh serta mempercantik kulit.

8. Japchae dan Bihun

Buat kamu penggemar Korea, pasti sudah sering mencoba makanan ini di restoran Korea. Japchae terbuat dari dang myeon seperti bihun yang terbuat dari tepung ubi jalar, sedangkan bihun terbuat dari tepung atau sagu. Warna dan bentuknya memang hampir sama, namun bumbu yang biasanya digunakan untuk Japchae tidak banyak, cukup bawang putih, kecap asin, gula pasit dan minyak wijen.

9. Tteok dan Kue Moci

Kalau Tteok, sahabatnya adalah Mochi. Kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar tepung beras dan bertekstur kenyal. Penyajiannya pun juga diisi dengan kacang-kacangan seperti mochi. Bisa dibilang, hanya nama saja yang membedakan makanan ini.

10. Bindaetteok dan Fu Yung Hai

Masih belum familiar dengan Bindaetteok? Makanan ini berupa pancake berisi kacang hijau dan juga sayur asal Korea. Bentuknya biasa disajikan bulat dan melebar, sekilas mirip dengan Fu Yung Hai, ya! Bedanya, Fu Yung Hai disajikan dengan saus asam manis. Kamu pilih mana?

11. Jeungpyon dan Kue apem

Kedua makanan beda Negara ini sama-sama terbuat dari tepung beras dan sama-sama memiliki rasa yang manis. Dari segi bentuknya keduanya juga hampir mirip. Biasanya kue Jeungpyeon ini disajikan untuk musim panas dan difermentasi dengan anggur, sehingga tidak mudah rusak. Kalau kue apem biasanya disajikan dengan parutan kelapa muda diatasnya.

12. Chamchijeon dan Perkedel

Kedua makanan beda negara ini terlihat hampir mirip namun cara bahan membuatnya tidaklah sama. Chamchijeon sejenis pancake berbahan dasar ikan tuna sedangkan perkedel biasanya terbuat dari kentang dan daging yang digiling secara bersamaan kemudian digoreng menggunakan telur sebagai perekat. Kita bisa lihat bentuknya, hampir mirip kan?

Itulah makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia. Jadi kamu gak perlu jauh-jauh pergi ke Korea untuk menikmati makanan khas Korea ini. Kamu bisa mencicipin makanan khas Indonesia walaupun rasanya sedikit berbeda dengan Korea.