Menu

Makanan Indonesia Paling Populer

Makanan Indonesia yang terbaik untuk dicoba adalah hidangan tradisional karena ini merupakan warisan dari Kepulauan Indonesia yang tidak memiliki pengaruh dari luar. Jika kamu baru pertama kali mengunjungi Indonesia maka daftar berikut ini akan membantu kamu sebagai titik awal pemburuan kuliner .

Jika kamu sudah berada di Indonesia dan telah menemukan hidangan favoritmu di satu tujuan kamu tidak akan pernah jatuh hati lagi pada tempat lain. Pecinta makanan yang baik tidak akan pernah keluar dari tempat di Indonesia.

Beberapa hidangan Indonesia yang paling populer bahkan pernah masuk sebagai ‘makanan dunia yang terbaik’ dan ‘makanan paling lezat’ adalah ‘rendang daging sapi’ yang berasal dari Sumatera. Pilihan dari makanan memang tak terbatas tetapi makanan yang terbaik di Indonesia ada pada daftar ini dan kamu harus mencobanya setidaknya sekali.

1 Rendang

Rendang berasal dari Sumatera Barat yang terdiri dari daging sapi yang tebal dan juga kentang yang dimasak secara perlahan selama beberapa jam yang kemudian dicampur dengan santan dan rempah-rempah. Proses dalam memasak adalah mendidihkan dan menggeringkan cairan hingga menguap menyerap ke dalam daging.Hasilnya adalah potongan daging yang super lembut dengan bumbu yang sangat lezat biasanya ini dimakan dengan nasi putih biasa. NGILER JADINYA

2 Nasi Goreng

Nasi goreng adalah hidangan sederhana tapi juga menyehatkan yang disajikan dalam berbagai gaya. Pada dasarnya ini hanyalah nasi putih yang dilemparkan ke dalam wajan panas atau wajan yang sudah diisi dengan cabai, udang pasta, bawang, bawang putih, saus tomat dan kecap. Nah kalo yang profesional mereka biasanya nambahin ayam, domba, babi atau daging sapi, kacang hijau, kubis, jamur, telur goreng atau orak dan irisan ketimun untuk hiasan.

3 Sate

Ada banyak variasi sate di Nusantara baik dalam daging yang dipakai ataupun bumbu yang menyertainya. Umumnya pembuatan sate dibuat dengan merendamnya terlebih dahulu dan memotongnya kecil-kecil dan menusukkannya kedalam lidi.

Daging yang biasa yang digunakan adalah daging sapi, kambing, ayam, babi atau ikan dengan rempah-rempah kemudian memanggangnya diatas arang yang panas. Sebagian besar sate disajikan dengan saus panas dan pedas sambal kacang, potongan ketimun, bawang merah, dan nasi atau irisan lontong atau ketupat kue .

4 Bakso

Bakso atau sup bakso adalah salah satu hidangan makanan jalanan di Indonesia yang paling populer dan dijual oleh sebagian besar pedagang makanan beroda yang dapat kamu temukan diseluruh Indonesia. Semangkuk bakso sering disajikan dengan  mie sohun atau mie telur,tahu, telur rebus yang dilapisi campuran bakso sama, cabai, potongan bawang goreng yang renyah dan saus kecap manis secukupnya. Bakso dapat menggunakan daging sapi, ayam sampai ikan dan bahkan bisa juga dengan babi. Ukuran juga bervariasi dari berbentuk kelereng yang kecil sampai ukuran bola tenis!

5. Gado-gado

Gado gado adalah salad sayuran Indonesia yang telah menjadi favorit semua orang. Gado-gado biasanya terdiri dari campuran sayuran seperti kubis, labu Siam dan Peria (kebanyakan dikukus ), bersama dengan  tahu dan tempe goreng dan juga lontong . Campuran disiram dengan bumbu kacang pedas yang meleleh. Gado gado juga datang dalam berbagai variasi yaitu menurut pilihan sayuran yang digunakan.

6.Sup Buntut Indonesia

 

Sop buntut berasal dari Jawa Barat. Sup buntut umumnya terdiri dari irisan buntut sapi (biasanya digoreng tetapi dalam kebanyakan kasus ini biasanya di panggang), dalam kaldunya akan diresapi dengan bawang merah, bawang putih, lada, pala dan cengkeh. Presentasi bervariasi tetapi sebagian besarnya meliputi kentang rebus, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan bawang goreng. Irisan jeruk nipis akan diperas dalam mangkuk dan sambal biasanya ini juga disertai dengan sepiring nasi putihs.

7. Ayam penyet

Ayam penyet secara harfiah berarti ‘ayam yang diratakan’ biasanya pada bagian dada atau paha dan kemudian direndam dalam rempah-rempah dan digoreng hingga berwarna keemasan. Penyebutan ayam penyet sebenarnya adalah sebelum ayam dimakan ayam dipenyetkan kedalam sambal yang pedas. Saus sambal cabai adalah babak utama bangsa Indonesia bagi pencinta makanan pedas. Ayam penyet biasanya disajikan dengan nasi , sayur lalapan serta tahu dan tempe goreng.

8. Nasi uduk

Nasi uduk adalah beras yang direbus dalam santan yang dicampur dengan ketumbar, garam, daun salam, dan daun serai yang wangi. Nasi uduk biasanya disajikan dengan ayam goreng atau panggang bisa juga dengan daging sapi yang kemudian dihiasi dengan irisan mentimun dan daun kemangi .

Ini artikel paling menggoda bagi saya,gimana gak menggoda isinya makanan favorit saya semua dan kalian pasti juga gak akan tahan setelah membaca artikel ini.