Menu

Makan Banyak Hanya Dengan Bayar Seikhlasnya? Ini Tempatnya!

Bisa makan di restoran bagi kebanyakan orang dianggap sebagai sesuatu yang istimewa. Apalagi jika restoran yang dikunjungi adalah restoran ternama yang terkenal dengan harga sajiannya yang selangit. Di beberapa kota-kota besar di dunia, terdapat banyak sekali restoran terkenal yang sangat mahal, terutama di Eropa.

Seperti yang sudah kita ketahui, Eropa merupakan salah satu benua yang memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia, yaitu: Euro. Di tahun 2017, 1 euro sebanding dengan 14.000 dalam rupiah. Nilai mata uang yang tinggi inilah yang kemudian memunculkan sebagian anggapan masyarakat, bahwa restoran-restoran yang ada di Eropa pasti sangat mahal. Jadi mikir-mikir deh buat makan di sana. Iya nggak, guys?

Tapi tahu nggak sih, ternyata anggapan tersebut tidak seutuhnya benar, lho. Buktinya saja di Wina ada sebuah restoran yang ternyata bisa dijangkau oleh para pelajar dan mahasiswa, bahkan oleh kalangan menengah ke bawah sekalipun. Kota Wina ini merupakan ibukota dari negara Austria.

Di kota ini, terdapat sebuah restoran yang memiliki konsep “all you can it”, yang terbilang cukup unik dan berbeda dari kebanyakan restoran di dunia. Di saat kebanyakan restoran berkonsep mewah dengan harga selangit, restoran ini malah hadir dengan sajian makanan, yang rata-rata harganya dibanderol dengan kisaran harga 9 Euro atau setara denganĀ 135 ribu rupiah.

Restoran unik ini bernama Der Wiener Deewan. Posisi restoran ini terletak di Jalan Liechtensteinstrasse 10, 1090 Vienna. Jadi jika anda penasaran dengan restoran ini, anda bisa langsung datang dan mencoba beberapa jenis makanan yang disajikan di sana.

Pemilik sekaligus pengelola tempat ini menjual makanannya dengan sistem “Pay as You Wish” atau jika diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti “membayar semaunya atau seikhlasnya”. Wah, kalau begitu, siapa saja bisa dong makan di restoran ini. Secara bisa bayar seikhlasnya, bro. Kalau restoran ini adanya di Indonesia, dijamin deh nggak bakalan sepi pengunjung.

Karena menggunakan sistem pembayaran yang unik seperti itu, anda bisa menyantap makanan di sana hanya dengan membayar seikhlas hati. Tidak ada tarif khusus untuk setiap makanan yang disajikan, karena pengunjung sendirilah yang diberikan kebebasan untuk menetapkan tarifnya. Pokoknya, gak bakalan rugi deh kalau datang kemari. Tapi ingat ya guys, makanan di restoran ini hanya bisa disantap di dalam restoran saja, dan tidak boleh dibawa pulang.

Setelah mengetahui keunikan restoran ini, tidak kah anda penasaran dengan awal mula dan alasan mengapa restoran ini menetapkan sistem pembayaran seikhlasnya?

Restoran Der Wiener Deewan ini dibuka untuk pertama kali pada tahun 2004 yang lalu. Pendiri restoran ini adalah sepasang suami-isteri yang bernama Afzal Deewan dan Natalie. Afzal merupakan seorang pemain kriket semi profesional yang juga hobi dan mahir dalam hal memasak.

Pria ini berasal dari Mandi Bahauddin, Pakistan, yang sangat suka memasak masakan khas kampungnya. Sementara Natalie sang isteri merupakan warga setempat, yang sangat lihai dalam hal komunikasi dan secara administrasi diperbolehkan untuk membuka wirausaha.

Akhirnya mereka pun berhasil menyatukan visi mereka dan mendirikan restoran unik Der Wiener Deewan, dengan tagline ‘Pakistani Food, Essen fuer alle’ atau dalam Bahasa Indonesianya berarti, Masakan Asli Pakistan, Makanan untuk Semua. Der Wiener Deewan ini menjadi restoran buffet Pakistan pertama di kota Wina.

Pasangan ini menganggap bahwa konsep yang diberikan pada restorannya tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk mereka. Mereka membiarkan para pelanggan menikmati sajian makanan di sana dan membiarkan mereka membayar makanan tersebut, sesuai dengan tingkat kepuasan yang mereka dapat setelah makan.

Sebelumnya, Afzal adalah seorang pencari suaka atau pengungsi, hingga akhirnya bertemu dengan Natalie yang pada saat itu adalah seorang mahasiswi. Karena keadaan tersebutlah, keduanya akhirnya mencoba memposisikan diri mereka sebagai seorang pelanggan, yang membayar sesuai dengan tingkat kualitas masakan yang mereka dapatkan.

Jika para pelanggan merasa puas dengan masakan Afzal, maka pelanggan pun tidak akan mikir 2 kali untuk memberikan bayaran yang proposional. Dan begitu juga sebaliknya. Akan tetapi, ternyata masakan Afzal dinilai enak oleh kebanyakan pengunjung yang datang ke sana. Buktinya, restoran miliknya itu tidak pernah sepi oleh pelanggan. Dan kebanyakan dari mereka pun membayar makanan dengan harga yang sepantasnya.

Bisa dibilang kalau keberhasilan atau pendapatan restoran der Wiener Deewan ini, sangat bergantung pada kejujuran pelanggan yang datang dan membayar setelah menyantap makanan di sana. Meskipun pada umumnya pelanggan yang datang membayar dengan harga yang sepantasnya, namun pasti akan ada saja orang yang melakukan tindakan yang berbeda. Beberapa pelanggan yang datang bahkan ada yang membayar hanya dengan 3 euro atau sekitar 42.000 jika di rupiahkan.

Menu makanan yang disajikan di restoran ini juga cukup beragam. Mulai dari chicken curry hingga nasi brasmati juga disajikan di Der Wiener Deewan ini. Tidak hanya menyajikan kedua jenis makanan di atas, tapi juga menyajikan variasi menu lainnya yang berupa: daging (ayam dan sapi/kambing), nasi, sayuran, sop atau curry kentang, salat, saus, dan makanan penutup (manisan).

Ada juga Beef Palak, Tinda, Alu Ghobi, Dhal Maser, Suji Halwa, dan Mango Kheer. Semua menu yang disajikan oleh restoran ini adalah makanan khas Pakistan. Di restoran ini, setiap pelanggan yang datang juga diberikan air mineral secara cuma-cuma.

Jika pelanggan ingin memesan minuman yang berbeda, restoran ini juga menyajikan sejumlah menu minuman seperti soda, sari buah/jus, wine atau anggur, bir, hingga minuman alkohol lainnya. Namun, untuk minuman ini, manajemen restoran mematok tarif yang terpisah. Tapi harganya pun masih tetap terjangkau, tak semahal harga-harga minuman yang biasa dijual di restoran buffet pada umumnya. Jadi anda tidak perlu khawatir kalau dompet anda jebol.

Kalau memang anda sedang berlibur atau jalan-jalan ke ibukota Austria, restoran der Wiener Deewan ini akan menjadi alternatif tempat makan yang paling tepat selama berada di kota Wina. Dengan harga yang sangat terjangkau, anda bisa mendapatkan makanan yang enak dan lezat. Selain murah meriah, makanan di restoran ini pun dijamin 100 persen halal.

Dan yang paling salut nya lagi, restoran der Wiener Deewan ini juga sempat dipromosikan dalam salah satu film layar lebar tanah air, yang berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa. Kalau sudah begini, berarti terbukti dong kalau restoran unik ini tidak boleh disepelekan. Setuju nggak, guys?