Menu

Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Nyobain Cokelat Unik Ini

Apakah anda suka makan cokelat? Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang sangat disukai oleh masyarakat, hampir dari semua kalangan. Mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa dan orang tua, semua pasti suka makan cokelat

Tidak hanya enak untuk dijadikan sebagai camilan, ada yang mengatakan bahwa sebatang cokelat ternyata bisa membuat mereka yang menyantapnya menjadi merasa bahagia, karena cokelat mengandung phenethylamine.

Zat yang terkandung di dalam cokelat tersebut mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin sendiri adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia.  

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya cokelat memiliki warna coklat muda, cokelat gelap dan putih, bukan?Tapi kali ini ada yang berbeda lho guys. Kini ada perusahaan yang berhasil membuat cokelat berwarna merah muda.

Para ilmuwan dari perusahaan cokelat asal Swiss, yang bernama Barry Callebaut baru-baru ini diketahui telah menemukan sebuah jenis cokelat terbaru yang warnanya sangat menarik, yaitu merah muda. 

Berdasarkan informasi yang didapat, dibutuhkan waktu selama 13 tahun untuk bisa menghasilkan cokelat unik tersebut.

Cokelat berwarna merah muda ini menjadi jenis cokelat terbaru sejak terakhir kali dikembangkannya cokelat putih pada tahun 1930-an.

Awal Ditemukannya Cokelat Merah Jambu

Sebelumnya di dunia ini hanya terdapat 3 jenis cokelat yaitu, dark, milk dan white. Akan tetapi, kali ini ada jenis cokelat terbaru ini yang disebut sebagai cokelat Ruby atau cokelat yang berwarna merah muda.

Jenis cokelat ini diolah dari biji cokelat Ruby, yang tumbuh di beberapa negara seperti Ekuador, Brasil dan Pantai Gading.

Selama 13 tahun terakhir perusahaan cokelat tersebutlah yang mencari cara untuk mengolah biji cokelat Ruby menjadi jenis cokelat terbaru yang berwarna merah muda.

Cokelat ini pun memang ditargetkan memiliki pangsa pasar di kalangan para generasi millenial (Anak-anak dari generasi baby boomers dan Gen X) yang menyukai hal-hal baru seperti cokelat unik yang satu ini.

Selain menyukai hal-hal yang unik, gemerasi yang ada sekarang ini juga sangat suka untuk mem-posting segala sesuatu yang menurut mereka sedang kekinian di akun media sosial milik mereka, seperti salah satu contohnya adalah instagram, yang sangat populer di saat ini.

Nah, kalau mereka sampai tahu ternyata ada cokelat yang berwarna pink atau merah jambu, mereka pasti berbondong-bondong untuk menjadi orang pertama yang mencicipinya.

Perwakilan dari Barry Callebaut mengatakan kepada The Guardian bahwa pihak mereka tidak menambahkan perasa, pewarna, ataupun zat adiktif lainnya ke dalam cokelat merah jambu ini.

Kalau memang begitu, bagaimana caranya cokelat ini bisa berwarna merah jambu ya, guys? Ada yang tahu nggak?

Cokelat ini juga diketahui memiliki rasa yang manis dan sedikit agak asam, dengan sedikit rasa berry sesuai dengan warnanya.

Rahasia Warna Pada Cokelat Merah Jambu

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas tadi, warna merah jambu pada cokelat ini bukanlah hasil dari pemberian pewarna buatan, melainkan berasal dari warna alami biji cokelat, yang berasal dari Pantai Gading, Ekuador, dan Brasil.

Warna merah cokelat tersebut berasal dari bubuk yang disuling selama proses yang dilakukan. Rasa dari cokelat Ruby ini digambarkan sebagai “paduan antara buah beri dan rasa manis yang ringan“, namun rasa manisnya memang tidak semanis cokelat susu.

Warna dan rasanya benar-benar alami karena keluar dari biji cokelat itu sendiri. Begitulah pernyataan yang diberikan oleh Boone, yang dikutip dari Guardian, beberapa waktu yang lalu. Kini kedatangan coklat ini sejalan degan tren pembuatan makanan yang penuh warna.

Sebelumnya juga sudah ada beberapa jenis makanan yang nge-trend karena memiliki warna yang tidak biasa, seperti misalnya burger hitam, makanan berwarna ungu yang diolah dari ubi bit, roti bagel pelangi dan kitsch – roti panggang unicorn beraneka warna, dan bahkan Unicorn Frappuccino. 

Wah, semua kedengarannya lezat ya guys. Buat perut lapar saja. hehe

Sarah Phillips, yang merupakan salah seorang pengelola akun Instagram yang paling populer terkait makanan, meramalkan bahwa coklat pink Ruby ini akan populer dengan cepat, terlebih lagi jika secara teknis mudah untuk diolah untuk menghasilkan makanan lain yang juga tak kalah unik dan lezat.

Ini menyenangkan, terlihat cantik dan saya pikir ini akan menjadi sukses besar,” kata Phillips.

Sebenarnya ada selera makan untuk makanan berwarna sekarang, semua orang menyukai smoothies dan kue pelangi di Instagram dan semua smoothie berwarna cerah dan mangkuk Buddha yang terlihat seperti lukisan. Ini adalah tren besar yang baru semakin membesar di tahun ini,” katanya lagi.

Cokelat Merah Muda Mulai Dipasarkan

Diresmikan di Shanghai, China, cokelat ruby ini terasa manis tapi sedikit asam. Barry Callebaut mengklaim telah mendapatkan respons yang bagus.

Cokelat tersebut diperkenalkan ke dunia pada hari Selasa tanggal 5 September yang lalu. Menurut laporan dari perusahaan tersebut, ternyata cokelat unik mereka ini mendapatkan feedback yang cukup baik di sana.

Cokelat ini dibuat dengan alami, berwarna-warni, cukup hedonistik dan ada aspek kesenangan untuk cokelat ini. Tapi kami tetap menjaga keaslian cokelat,” ucap CEO Barry Callebaut, Antoine de Saint-Affrique.

Anda bisa membuat warna bahkan meniru rasa cokelat tersebut, tapi membuat warna dan rasa secara alami tanpa bahan tambahan, akan sangat sulit,” ujar Antoine de Saint-Affrique selaku CEO Barry Callebaut.

Ruby Chocolate diharapkan bisa diterima dan disukai masyarakat. Namun, untuk kesuksesan jangka panjangnya jelas tergantung pada seberapa enak rasanya menurut para konsumen dan pecinta cokelat.

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cokelat berwarna merah jambu yang manis ini. Apakahda tidak tertarik untuk mencobanya? Kalau belum pernah, yuk cobain sekarang.