Menu

Inilah Menu Prasmanan Yang Selalu Ada di Kondangan

Kondangan, alias datang ke acara pesta, baik pernikahan ataupun pertunangan. Tentu merupakan hal yang menyenangkan bukan? Selain bertemu dengan pengantinnya, disana kita bisa melihat banyak makanan yang lezat sehingga membuat kita ngiler. Di Indonesia kita tentu sangat akrab dengan istilah “Prasmanan”, yang artinya adalah cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran dengan meletakkan makanan pada meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan. Prasmanan sangat populer di Indonesia karena praktis dan mengurangi jumlah pelayan yang diperlukan dalam suatu resepsi.

Modifikasi prasmanan pada masa kini adalah dengan menyajikan makanan pada meja terpisah untuk setiap menu. Meja ini dapat pula didekorasi sehingga berbentuk depot (misalnya berupa gubug kecil).

Kini dalam istilah modernnya adalah standing party, dimana memang unsur kepraktisan dan juga para tamu bisa lebih leluasa dalam berkumpul dan ngobrol–ngobrol dengan tamu yang lain sambil menikmati hidangan makanan dan minuman di pesta pernikahan seseorang.

Berikut ini adalah beberapa makanan prasmanan yang sering ada di pesta pernikahan:

Aneka Masakan Daging Kambing

Di acara prasmanan pesta pernikahan aneka olahan makanan yang terbuat dari kambing sangatlah populer.  Menemukan masakan aneka daging kambing berupa sate kambing, tengkleng kambing dan gulai kambing, adalah hal yang sangat sering. Kelezatan bahan dasar daging kambing sendiri memang popular di Indonesia.

Aneka Masakan Daging Ayam

Selain Kambing, makanan yang satu ini juga menjadi populer dan selau kita temukan di hidangan pesta pernikahan seseorang. Bahkan dimulai dari ayam bakar hingga ayam goreng menjadi menu spesial bagi para tamu yang datang yang ingin bersantap memuaskan rasa lapar mereka selama dijamu oleh pihak si tuan rumah yang mengadakan pesta pernikahan. Daging ayam sendiri adalah bahan masakan yang memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Gado – Gado

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng dan sedikit emping goreng juga kerupuk, serta ada juga yang memakai kerupuk udang.

Gado-Gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih. Gado – Gado juga menjadi menu wajib yang biasanya menghiasi acara prasmanan yang diadakan oleh seseorang di Indonesia.

Bakso

Makanan yang memiliki banyak penggemar ini juga sering ditemui di prasmanan pernikahan seseorang yang biasa kita hadiri. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, toge, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng serta seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Presiden negara Amerika Serikat sendiri, yaitu Obama menggunakan menu masakan Bakso dalam menu makanan pihak pemerintah negara Amerika Serikat di Gedung Putih. Kelezatan Bakso memang tidak bisa dipungkiri, inilah yang menyebabkan Bakso selalu muncul sebagai menu prasmanan wajib.

Nasi Sayur

Ini merupakan menu wajib yang paling sering di temui di setiap pesta pernikahan. Nasi Sayur adalah menu masakan nasi yang disajikan bersama sayur beserta lauk–pauknya. Makanan yang satu ini merupakan pilihan utama bagi para tamu yang menginginkan menu makanan yang agak sedikit berat. Hehehe Menu Nasi Sayur ini merupakan menu yang bisa membuat para tamu kenyang dan puas.

Nasi Sayur sendiri bisa menjadi salah satu patokan kesuksesan pihak si tuan rumah dalam menjamu tamunya. Tentu dalam hal ini berbicara perihal kualitas rasa sajian Nasi Sayur yang disediakan.

Es Buah

Sudah makan, makanan yang enak-enak. Kalau nggak minum pastinya seret. Nah minuman yang menjadi favorit di acara prasmanan pernikahan seseorang adalah es buah. Es yang sudah memiliki popularitas ini sangatlah menyegarkan. Berbagai macam potongan buah segar yang disajikan dalam kuah minuman yang diracik sedemikian rupa dengan memberikan sentuhan penutup bersama es tentu merupakan menu minuman favorit bagi para tamu dalam acara pernikahan teman atau seseorang.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang pastinya sering kita jumpain di acara prasmanan pernikahan sesorang yang ada di Indonesia.