Menu

Ini Dia Kuliner Yang Paling Terkenal Di Bali

Jalan-jalan ke Bali rasanya masih kurang lengkap tanpa menikmati kulinernya kan guys. Oleh karena itu pada artikrl kali ini mimin akan ngebahas beberapa kuliner yang terdapat di Bali, pastinya yang paling dicari. Agar kalian gak usah bingung-bingung lagi saat memilih kuliner.

Ribuan pulau dengan budaya yang berbeda membuat Indonesia semakin dikenal, sehingga tidak heran kalau makananya juga beragam. Untuk melengkapi pengalaman liburan di Bali, kalian pasti tidak ingin melewatkan bermacam-macam hidangan.

Berbagai pilihan yang tersedia seperti ‘lawar’, ‘bebek betutu’, dan juga versi sate Balinya yang lebih dikenal sebaJgai ‘sate lilit’, tak ketinggalan’babi guling’. Bali memiliki koleksi yang kaya akan kue dan makanan penutup terutama yang memiliki gigi manis!

1. Variasi Sate

Sate dapat dimasukkan dalam daftar perjalanan kalian karena ini bisa dijadikan sebagai camilan. Cara penyajian sate ini juga sangat unik yaitu direndam pada bumbu, ditusuk dan kemudian dipanggang.

Dagingnya sendiri terdiri dari ayam potong, daging kambing, daging sapi, daging babi, ikan, tahu, telur atau campuran cincang yang dipotong menjadi bentuk dadu. Nah, kalau sate yang terkenal di Bali adalah sate lilit, sate ini terbuat dari daging sapi cincang, ayam, ikan, daging babi, bahkan ada juga yang memakai daging penyu, yang kemudian dicampur dengan kelapa, santan dan kaya campuran sayuran dan rempah-rempah.

2. Nasi Ayam dan Nasi Campur

Nasi ayam dan nasi campur ini dapat kalian temukan di banyak warung (restoran-restoran kecil) pada seluruh pulau. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan banyak unsur yang berbeda dari Bali.

Biasanya mereka menambah babi atau betutu sebagai daging utama yang disajikan bersama dengan campuran sayuran dan juga pastinya sambal dan gak ketinggalan sup yang dapat menambah kenikmatan. Bagi kalian yang gak suka pedas, kalian bisa memintanya agar tidak diberi sambal.

3. Bebek dan Ayam Betutu

Betutu merupakan makanan favorit yang ada di Bali, yang terdiri dari ayam atau bebek betutu yang dilumuri dengan rempah-rempah tradisional, dibungkus dengan daun pisang, kemudian ditutup dengan daun pisang kemudian dipanggang pada bara api selama 6 sampai 7 jam.

Hasilnya adalah sangat lezat dengan semua daging yang mudah dipisahkan dari tulang. Betutu adalah makanan yang paling lama dimasak setara dengan memasak babi guling.

4. Babi Guling

Babi guling adalah favorit semua orang , masakan ini terdiri dari babi panggang yang diisi dengan rempah-rempah tradisional dan campuran sayuran seperti daun singkong yang kemudian digulingkan pada bara api.

Awalnya hidangan ini dihidangkan pada saat perayaan khusus dan upacara akan tetapi sekarang babi guling dapat ditemukan pada banyak warung dan Restoran yang memang diperbolehkan memakan ini.

5. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe hadir dalam berbagai penyajian, beberapa sebagai makanan ringan  yang gurih dan beberapa sebagai hidangan utama. Banyak masakan Indonesia yang memiliki bagian-bagian utama dari beras, yaitu keripik tempe dan tahu biasanya orang lebih menyukai digoreng dengan isi sayuran didalamnya.

6. Jimbaran Seafood

Kafe yang berada di Teluk Jimbaran biasanya menyajikan seafood panggang yang masih segar, mulai dari udang, kerang, kepiting, cumi dan berbagai macam ikan. Tapi dalam hal rasa, rahasia terletak pada masing-masing pemilik kafe resep saus barbekyu dan bumbu karena biasanya mereka meracik sendiri, yang biasanya lebih dikenal sebagai “sambal seafood-Jimbaran gaya”. Jika kalian sudah mencicipinya maka sudah dipastikan kalian akan ketagihan.

7. Pepes

Pepes adalah makanan khas Sunda yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus saat memaksanya. Bungkusan kecil ini akan diikat dengan tongkat bambu tipis pada kedua ujungnya dan kemudian dimasak dengan cara diuapkan, rebus atau panggang ( sesuai dengan permintaan). Pepes yang paling sering dibuat adalah pepes ikan, daging, ayam, tahu atau sayuran.

8. Lawar

Lawar adalah makanan tradisional yang dicampur dengan daging cincang halus, sayuran, parutan kelapa dan rempah-rempah. Gak cuma di Bali lawar juga dapat ditemukan pada beberapa daerah. Lawar juga disiapkan dengan menggunakan darah segar yang dicampur dengan daging dan rempah-rempah untuk memperkuat rasa.

Lawar biasanya harus segera disantap setelah disajikan karena jika sudah dingin rasanya tidak akan sedap lagi. Ada dua jenis utama dari lawar, putih dan merah. Versi putih biasanya tidak mengandung daging atau darah sedangkan yang merah sudah pastinya menggunakan darah.

Yah itulah guys beberapa kuliner yang ada di Bali yang bisa kalian coba. Jadi selama kalian berada di Bali kalian bisa nyobain yang mimin rekomendasikan. OK selamat menikmati.