Menu

Ingin Coba Makanan Korea? Ini Dia Menunya

Untuk para pecinta kuliner pastinya sangat menyukai segala jenis makanan. Mulai dari makanan barat hingga makanan Asia. Salah satu negara yang terkenal makanannya adalah Korea. Nggak cuma banyak boyband dan girlband yang cakep saja. Makanan khas Korea juga sering menjadi buruan para pecinta kuliner. Nah buat kalian para pecinta kuliner ada baiknya jika kalian mencoba makanan-makanan khas Korea ini.

Mengenal Makanan Di Korea

Siapa yang tidak mengenal Negara Korea Selatan? Negara yang terkenal dengan julukan “ negeri gingseng” ini memang tidak pernah selesai untuk di bahas. Mulai dari tradisi, budaya, dan tempat –tempat destinasi wisata selalu saja membuat kita berdecak kagum. Berikut kali ini kita akan membahas makanan yang ada di Korea yang akan membuat kamu ingin untuk mencobanya.

Makanan Yang Ada Di Korea

Sebagaian besar para pencinta Korea akan mengetahui beberapa masakan korea yang akan mimin sebutkan di bawah ini oke langsung aja ini dia ke 10 makanan korea paling pupuler dan terkenal di indonesia yang wajib kalian coba:

Mandu

Mandu (만두) adalah jenis pangsit yang dibuat dengan adonan tepung dan berisi daging yang dibumbui. Mandu adalah jenis masakan yang berasal dari Cina dan masuk ke Korea sejak zaman Dinasti Goryeo (935-1397). Pada saat ini mandu dimakan pada setiap musim dingin dan perayaan tahun baru Seollal atau tahun baru Imlek. Adonan mandu dibuat dengan cara dilipat untuk membuat kulit yang diisi berbagai macam bahan, antara lain daging, sayuran, jamur, tahu dan sebagainya. Metode membuat mandu bermacam-macam antara lain ada yang direbus dalam sup kaldu (jangguk) yang panas, dikukus, digoreng atau dinikmati dalam kuah kaldu dingin. Bentuk mandu ada bermacam-macam antara lain bulat, setengah bulat, persegi, lonjong dan setiap daerah memiliki cara memasak dan variasi yang lebih banyak lagi. Jika dimakan dengan sup kaldu maka dinamakan mandutguk (sup mandu)

Hoeddeok / Hotteok

Makanan Korea Populer dan terbaik kedua Hotteok adalah panekuk berisi pasta kacang, dijual sebagai makanan jajanan Korea Selatan. Kue ini digoreng dengan minyak yang cukup banyak, enak dimakan sewaktu masih hangat sehingga populer sebagai kudapan sewaktu musim dingin.

Kue ini harganya relatif murah, bentuknya bulat dan tebal seperti panekuk dan diisi dengan pasta kacang manis. Nama ho-tteok berasal dari kata ho (胡; suku bangsa di Cina Barat/Utara) dan tteok. Kue ini dikenal di Korea pada akhir abad ke-19 setelah diciptakan oleh pedagang Cina yang menetap di Korea. Tidak seperti panekuk Cina yang umumnya diisi daging, hotteok diisi kacang manis untuk menyesuaikan dengan selera orang Korea.

Adonan dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras ketan yang diecerkan dengan air, ditambah gula, susu, dan ragi. Setelah dibiarkan beberapa jam, adonan naik hingga bisa dibuat bola-bola sebesar kepalan tangan. Adonan cukup liat sehingga bisa diisi dengan pasta manis yang dibuat dari campuran gula cokelat, madu, gilingan kacang tanah, dan aroma kayu manis. Adonan setelah diisi, digoreng di atas wajan datar dan ditekan-tekan agar sedikit pipih dengan alat penekan hotteok berbentuk bundar dari baja tahan karat.

Tepung hotteok siap pakai dalam kemasan plastik juga dijual di Korea Selatan. Di dalam kemasan juga disertakan gula cokelat dan kacang cincang atau wijen. Ada berbagai variasi hotteok, ada hotteok yang mencampurkan tepung jagung atau teh hijau ke dalam adonan, ada pula hotteok yang tidak digoreng, melainkan dipanggang.

Japchae

Makanan Korea Populer dan terkenal yang selanjutnya japchae adalah makanan Korea berupa sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim. Japchae ditulis dengan dua aksara hanja, jap (hangul:잡, hanja:雜, dicampur dan diaduk) dan chae (hangul:채, hanja:菜, sayuran).

Bahan-bahan seperti daging sapi dan sayuran (wortel, paprika, jamur shiitake, bawang bombay, dan spinacia) dipotong kecil-kecil memanjang. Masing-masing bahan ditumis secara terpisah untuk mempertahankan aroma dan rasa. Bumbu berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama daging sapi. Di dalam wadah atau wajan, semua bahan dicampurkan ke dalam sohun yang sudah direbus, dan diaduk-aduk bersama minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Nasi dengan japchae di atasnya disebut japchae-bap (잡채밥), dan dimakan sebagai hidangan utama.

Yangnyeom Tongdak

Makanan Korea Populer yangyeom Tongdak adalah olahan ayam goreng yang dibalut dengan saus merah bertabur wiji wijen. Uniknya, kata Yangyeom sendiri berarti “seasoned”, sedangkan Tongdak berarti “a whole chicken.” Jadi secara harafiah Yangyeom Tongdak memiliki arti layaknya kuliner ayam lainnya, yaitu ayam berbumbu. Namun jangan salah, karena bumbu inilah yang membuat ayam Korea ini terlihat berbeda dan sangat menggoda!

Pada bahan dasar Yangyeom Tongdak terdiri dari tiga hal, yaitu ayam berbumbu, adonan tepung dan saos berbumbu. So simpel bukan? Memasaknya pun bisa dikatakan cukup mudah. Setelah dicuci bersih, potong ayam sesuai selera. Tambahkan lada hitam dan garam secukupnya, aduk rata. Bahan tepung yang digunakan untuk melapisi ayam merupakan campuran dari beberapa tepung seperti tepung kentang, tepung beras manis dan tepung terigu. Campurkan tepung dengan sedikit baking soda dan telur, lalu masukkan ayam dalam tepung. Dengan menggunakan tangan, pastikan tepung menempel pada ayam.

Bibimbap

Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti “nasi campur” yang berasal dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. “Jeonju bibimbap” (nasi campur Jeonju) merupakan bibimbap yang berisi lauk pauk yang paling banyak di Korea.

Terdapat beberapa teori mengenai asal usul bibimbab, salah satunya ada yang mengatakan bahwa makanan ini dibuat dari sesaji yang dipersembahkan kepada arwah leluhur. Sehabis melaksanakan jesa, orang-orang saling berbagi makanan sesaji dan mencampurkannya dalam mangkuk. Ada pula makanan sejenis yang dinamakan heotjesabap atau “makanan sehabis jesa”. Nasi campur daging sapi yang berasal dari Kota Jinju, Provinsi Gyeongsang merupakan bibimbap berisi nasi ditambah lauk pauk berupa sayur dan daging sapi mentah (yuk hoe).Menurut sejarah, nasi campur ini tercipta pada masa Perang Imjin ketika rakyat setempat harus menyiapkan masakan yang praktis pada saat-saat genting.

Dolsot bibimbap (돌솥 비빔밥) merupakan bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan. Dolsot berarti “mangkuk batu”. Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.

Odeng

Odeng adalah makanan yang paling sering kita temui di Korea Selatan. Di toko-toko makanan, supermaket, kedai pinggir jalan, restoran hingga hotel berbintang. Pada dasarnya odeng adalah ikan yang biasanya direbus dan cara memakannya dengan menggunakan kaldu kuah panas. Itu kenapa Odeng sangat cocok untuk dimakan pada saat musim dingin tiba karena bisa menghangatkan tubuh. Biasanya Odeng disajikan dengan menusuk ikan-ikan itu dalam sebuah tusuk sate. Selain menggunakan kaldu, Odeng juga bisa dimakan dengan saus, khususnya saus kedelai.

Jika Anda ke Korea, paling tidak kita akan menemui 3 jenis Odeng. Yang pertama adalah Odeng yang dimakan dengan menggunakan kaldu. Kaldunya berasal dari racikan lobak, daun bawang dicampur dengan kepiting dan rumput laut untuk menambah rasa. Di warung-warung tenda pinggir jalan, Anda bisa makan Odeng dengan kaldu sepuasnya. Biasanya ada yang makan Odeng tidak dengan kaldu namun dengan sus merah yang pedas. Jenis Odeng yang kedua adalah Odeng yang disajikan dengan saus mustard dan saus tomat. Jenis yang ketiga disebut dengan Odeng Tang atau Eomuk Guk. Disini, ikan disajikan dalam mangkuk kaldu dengan cabai dan bawang serta kedelai. Ya, warna dan sajian Odeng memang bervarisi tergantung dimana Anda membelinya. Setiap warung dan restoran di Korea Selatan mempunyai racikan sendiri untuk menambah rasa lezat pada Odeng. Ada yang menambah sayuran, paprika, daun wijen dan lain-lain.

Ddukbokkie / Topokki

Topokki adalah salah satu jajanan tradisional yang populer di Korea. Bahan dasarnya terbuat dari tteok, yaitu jajanan dari tepung beras yang dibentuk bulat memanjang. Tekstur kenyal-kenyal sangat terasa di lidah saat memakan jananan ini. Topokki selalu disajikan dalam keadaan panas dengan saus yang pedas karena ditambahkan kochujang (hot chili pepper paste) dan kochukaru (hot chili pepper powder). Bisa dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Orang-orang di sana biasanya makan jajanan ini sambil berdiri di kios yang menjajakannya.

Dulu, hanya keluarga kerajaan yang boleh memakan Topokki. Makanan ini pertama kali dibuat pada masa Dinasti Joseon oleh salah seorang juru masak di sana. Beruntung sekarang semua kalangan bisa memakan Topokki.

Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Jajangmyeon

Makanan Korea Populer dan sering di makan dalam drama korea atau variety show korea adalah Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis Masakan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Tionghoa, dan orang Tiongkok biasa menyebutnya Zhajiangmian (炸醬麵). Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.

Jajangmyeon memiliki variasi yang lain seperti ganjajangmyeon (간자장면) atau jajangmyeon yang disajikan dengan mie yang sausnya terpisah (tidak dicampur). Variasi lainnya adalah samseon jajangmyeon (삼선자장면) yang menggunakan sausnya dengan campuran makanan laut seperti teripang, cumi-cumi dan udang, tetapi tidak pernah menggunakan ikan. Sedangkan Samseon ganjajangmyeon(삼선간자장면) komposisinya terdiri dari mie dengan saus yang berisikan makanan laut tetapi juga tidak dicampurkan dengan mienya.

Dalam kebiasaan sehari-hari orang Korea tidak menyebutkan kata myeon, mereka hanya menyebutkan kependekannya saja seperti jajang, ganjajang, samseon jajang atau samseon ganjajang.

Jenis makanan lain yang menggunakan saus jajang adalah jajangbap yang terdiri dari saus jajang yang disajikan dengan nasi. Biasanya orang Korea mencampurkannya dengan nasi goreng yang disebut bokeumbap. Sebagai makanan tambahan disajikan juga danmuji (lobak cina).

Kimbap

Makanan Korea Populer gimbap adalah makanan yang seridng muncul dalam drama korea tentang chef, makanan atau kuliner adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut.Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. Bahan untuk membuat gimbap adalah nasi, daging dan sayuran. Nasi putih dibumbui garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur, daging iga sapi, kimchi, keju, tuna dan sebagainya. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak). Setelah semua isi digulung, biasanya diiris pisau sampai 8 potongan seukuran gigitan.

Nah, itulah beberapa makanan yang ada di Korea. Jadi apabila ada diantara kalian yang ingin mencobanya tentunya bisa dong. Semoga dengan kalian memakan salah satu makanan tersebut semoga ini menikmatinya sesuai dengan keinginan masing-masing.