Menu

Gila! Bahan Makanan Ini Bisa Mencapai Harga Selangit

Jika memasak makanan disebut seni, maka sangat sulit untuk menetapkan harga atau nilai untuk setiap makanan yang dihadirkan. Beberapa makanan yang dijual dengan harga mahal biasanya mengandung bahan-bahan murni yang dinilainya bisa dibilang cukup mahal. Ngomong-ngomong soal makanan, kira-kira apa yang akan kalian lakukan jika kalian memiliki uang banyak? Mungkin kalian yang akan menjawab ingin membeli mobil, perhiasan dan rumah.

Tapi selain itu, kalian bisa gunakannya untuk membeli sesuatu hal lain. Contohnya saja seperti mencoba mencicipi bahan makanan yang tidak biasa atau berbeda dari lainnya. Kenapa bahan makanan? Karena bahan makanan yang akan dibahas kali ini bukanlah bahan makanan biasanya, akan tetapi bahan makanan yang memiliki harga fantastis. Besaran harga tersebut dipengaruhi oleh bahan makanan yang diperoleh.

Nah, dalam artikel ini gue akan membahas mengenai bahan makanan yang dirawat secara eksklusif sehingga hasil yang didapatkan tersedia dalam jumlah yang bisa dibilang cukup minim. Jadi jangan heran apabila kalian menemukan bahan makanan sekitar satu kilogram saja bisa merogoh kocek Rp 256,2 miliar. Bagaimana menurut kalian? Tentu aneh bukan?

Gourmands di seluruh dunia sudah melakukan sampling untuk mencari tahu bahan makanan apa saja yang bernilai mahal. Berikut adalah daftar beberapa bahan makanan paling eksklufif dan mahal.

Jamur truffle putih

Truffle putih dikenal karena rasa pedas, gurih dan manis yang sangat unik. Truffle merupakan salah bahan makanan yang memiliki harga mahal dikarenakan jamur tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan hanya ditemukan di hutan Italia Utara. Dipanen pada musim dingin, truffle putih ditemukan di dasar pohon ek karena mereka hanya tersedia di pohon tersebut. Untuk mengambil jamur ini harus memerlukan bantuan dari babi atau anjing hijauan. Truffle putih biasanya digunakan sebagai hiasan dalam pasta dan hidangan lainnya yang memiliki banyak telur, keju dan mentega. Truffle putih sendiri bisa terjual dengan harga $3000 sampai $5000 per pon.

Safron

Rempah yang lebih dikenal dengan sebutan safron ini memiliki aroma dan warna yang berbeda. Ini juga termasuk salah satu rempah-rempah paling mahal di dunia. Rempah ini berasal dari bunga rocus safron yang mekar hanya sekali dalam setahun. Setiap bunganya menghasilkan hanya tiga benang yang warna mirip seperti kunyit. Itulah sebabnya mengapa rempah ini dijual dengan harga mahal karena pertumbuhannya yang sulit untuk didapat. Satu kilo safron dapat dikenakan biaya minimal sekitar 2 lakhs.

Anggrek vanili

Ini juga merupakan rempah-rempah yang sulit dicari di dunia. Bunga-bunga vanili mekar selama beberapa jam setiap sekali setahun dan memerlukan sedikit waktu untuk penyerbukan alami. Polong vanili harus difermentasi dan berusia selama dua tahun sebelum mereka menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Anggrek vanili harus ditanam secara manual dan mereka hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu sehingga tak heran jika rempah ini mencapai harga selangit. Satu pon murni vanili dikenakan biaya sekitar $3500 sampai $4000.

Kopi luwak

Ini adalah biji kopi yang telah diakuisisi dari kotoran hewan yang disebut Palm Civet. Luwak kopi merupakan buah yang manis dan bagi mereka yang memakan bijinya akan terancam pingsan. Ini kemudian dibersihkan dan dipanggang. Kopi Luwak kopi sangat manis, halus dan kaya karena kepahitan kopi akan dihapus dalam proses pencernaan. Kopi ini dibanderol dengan harga sekitar 12.000 INR.

Truffle hitam atau tuber melanosporum

Truffle hitam ditemukan di wilayah Perigord Perancis. Tumbuh diantara pohon-pohon Kemiri dan ek. Harganya berada di peringkat kedua setelah truffle putih. Mereka digunakan untuk meningkatkan cita rasa. Ini dikenakan biaya hingga 70.000 INR untuk satu kilo.

Swiftnest

Seperti namanya, bahan ini awalnya ditemukan di gua-gua di negara-negara Asia Tenggara. Sarangnya dibuat oleh air liur burung walet laki-laki. Sarang ini memiliki tekstur seperti agar-agar. Dibutuhkan waktu hingga dua bulan untuk menghasilkan sarangnya. Dikenakan harga sekitar 64.000 INR untuk satu pon.

Jamur matsutake

Jamur matsuke dapat ditemukan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Finlandia, Swedia, Korea dan Cina. Jamur ini ditemukan tersembunyi di bawah daun-daun jatuh di dalam hutan sehingga membuatnya snagta sulit untuk ditemukan. Jamur ini memiliki aroma rasa pedas yang kuat yang membuatnya begitu menarik. Satu pon jamur ini dikenakan biaya sekitar 63.000 INR.

Keju moose

Keju ini terbuat dari susu tiga rusa di Moose House di Swedia. Ini adalah keju paling mahal di dunia. Musim pemerahan rusa adalah hanya empat bulan sepanjang tahun. Pengolahan keju yang jumlahnya terbataslah yang membuat memiliki harga yang cukup mahal. Satu pon keju dikenakan biaya sekitar 31.000 INR.

Setuju dong ya guys, kalau bahan makanan tersebut mencapai harga selangit. Tidak hanya pertumbuhannya yang susah tetapi untuk emndapatkannya juga memerlukan beberapacara dan waktu yang cukup lama. Maka tak heran deh kalau bahan-bahan tersebut dijual dengan harga mahal.