Menu

Bosan Dengan Cake Yang Manis? Yuk, Cobain Cake Dari Indomie Ini

‘Happy Birthday To You, Happy Birthday To You’

‘Happy Birthday, Happy Birthday, Happy Birthday’ 

‘Happy Birthday To You’

Lagu ini pasti pernah dinyanyikan untuk anda, bukan? Biasanya orang-orang akan menyanyikannya untuk orang yang sedang berulang tahun. Disamping mengumandangkan lagu

Hari ulang tahun adalah hari yang spesial bagi setiap individu. Setiap tahunnya orang-orang selalu menanti-nantikan kedatangan hari ini.

Apalagi jika ulang tahun tersebut untuk merayakan pertambahan usia yang ke -17 tahun, biasanya acara yang diadakan akan bertambah atau dibuat semakin meriah.

Merayakan hari ulang tahun tidak akan lengkap rasanya jika tanpa adanya kue ulang tahun. Kue ulang tahun tersebut biasanya akan didesain dengan sedemikian rupa, agar telihat semenarik mungkin.

Pada umumnya, bentuk dari kue ulang tahun tersebut disesuaikan dengan selera dari mereka yang berulang tahun ataupun dengan tema perayaan ulang tahun jika memang dirayakan. Untuk rasanya sendiri, biasanya kue tart tersebut memiliki rasa yang manis, dengan cream yang juga tak kalah manisnya.

Kalau biasanya kue ulang tahun itu identik dengan yang manis-manis, tapi kini sepertinya masyarakat mulai mencoba dengan sesuatu yang lebih baru dan tidak biasa, yaitu merayakan hari spesial tersebut dengan kue tart yang terbuat dari mie.

Ha? Kue tart dari mie? Gimana jadinya ya guys? Anda pasti kaget kan? Penasarankan gimana jadinya kalau mie dijadikan sebagai kue ulang tahun? Ini bukan hoax lho guys. Kue ulang tahun seperti ini memang benar-benar nyata.

Kalau anda tidak percaya, anda bisa mengunjungi sebuah cafe yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara yaitui TOT AW. Cafe ini lah yang memiliki ide tersebut dan telah menghadirkan kue ulang tahun yang terbuat dari indomie goreng.

Birthday cake biasanya kan manis-manis, kami buat yang savory, yang asin. Idenya sendiri sebenarnya sudah tercetus lama, tetapi terealisasi setelah membuka TOT AW ini,” kata salah satu owner dari kafe TOT AW, yang bernama William Sudhana.

William mengatakan bahwa kebetulan dua dari lima pemilik kafe TOT AW adalah cakery atau berpengalaman di bidang roti dan kue. Oleh karena itu, bukan lah hal yang sulit untuk membuat kue ulang tahun dari indomie goreng seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas tersebut.

Tidak ada kesulitan dalam pembuatan kuenya. Karena indomie goreng sebenarnya bisa tercetak sendiri bentuknya. Seperti misalnya pada waktu kecil dulu, kalau dibawa ke sekolah, bentuk indomienya akan tercetak dengan kotak makan.

Hanya saja cara memasaknya saja yang harus disesuaikan atau dimasak dengan waktu yang konstan, agar teksturnya tidak berbeda,” kata William.

Kue berbahan indomie goreng yang diberi nama TOT Cake tersebut, menurut William, memiliki diameter 18 sentimeter pada bagian atasnya dan 14 sentimeter pada bagian bawahnya.

William sendiri mengatakan bahwa untuk bisa membuat birthday cake unik tersebut diperlukan paling tidak puluhan bungkus indomie goreng untuk membuat satu kue. Tapi dia tidak mau menyebutkan berapa jumlah pastinya.

Bagian atas kue biasanya diberi topping kornet dan keju yang di-torch (dibakar dengan api). Pada sisi pinggir kue pada batas bagian tengah, diberi topping suwiran ayam, cumi dan bakso, yang bisa disajikan dengan permintaan khusus, yaitu bisa pedas atau tidak pedas.

Respon dari masyarakat dengan kehadiran kue ulang tahun indomie ini baik sekali. Hal tersebut terlihat dari awal diluncurkan kue tersebut. Hanya dalam hitungan minggu, pihak cafe sudah full booked.

Dalam sehari, ada sekitar 50-60 orang yang menghubungi saluran pemesanan entah untuk bertanya atau memesan kue berbahan indomie goreng tersebut.

Untuk memesan TOT Cake, William menganjurkan untuk memesan minimal tiga hari sebelumnya. Saluran pemesanan hanya dapat dilakukan via Line. Pengantaran saat ini terbatas di wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

TOT Cake alias kue berbahan dasar indomie goreng tersebut dihargai dengan harga Rp. 140.000 dan belum termasuk ongkos pegiriman. Perlu dicatat, kue tersebut hanya dibuat saat ada pemesanan saja.

Keren kan guys bentuk kue ulang tahun yang satu ini? Apakah anda tidak penasaran untuk mencobanya? Yuk cobain sekali-sekali. Kalau anda bosan dengan tampilan dan rasa dari birthday cake yang biasanya, kenapa tidak cobain cake unik dari indomie goreng ini saja? Dijamin deh nggak bakan nyesal.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Bahan Membuat Kue Ulang Tahun Dari Indomie :

  • Mie indomie goreng dengan rasa yang sama 14 bungkus untuk tumpukan bawah kue
  • Mie indomie goreng dengan rasa yang sama 7 bungkus untuk tumpukan kedua
  • Telur 6 butir untuk tumpukan pertama
  • Telur 3 butir untuk tumpukan kedua
  • Keju secukupnya
  • Kornet secukupnya
  • Gunakan bumbu dari mie indomie sebagai penyedap rasanya
  • Lilin ulang tahun kecil

Untuk ukuran yang lebih besar, anda bisa menambahkan mie goreng sesuai dengan ukuran kue yang anda inginkan dengan perbandingan bahan yang sesuai, dengan perbandingan di atas, atau sesuai dengan selera anda.

Cara Membuat:

  • Pertama kita rebus terlebih dahulu mie gorengnya, setelah matang maka angkat dan tiriskan.
  • Sementara menunggu dingin, maka siapkan telur dengan wadah yang berbeda.
  • Tambahkan bumbu mie dengan mie yang telah kita tiriskan, kemudian aduk dengan telur hingga rata.
  • Untuk tahap pertama silahkan anda masukan telur 6 butir dengan mie rebus 14 bungkus yang telah matang, kemudian siapkan loyang ukuran 22cm kemudian masukan pada oven hingga matang.
  • Untuk tahap ke dua lakukan hal yang sama, namun dengan ukuran loyang yang lebih kecil.
  • Apabila sudah matang semua, maka tumpukan kue tahap pertama dan kedua menjadi dua tumpuk.
  • Jika sudah tertumpuk, maka tampbahkan kornet dan keju di atasnya sampai terlihat cantik.
  • Jika sudah, maka kita tinggal menambahkan lilin di atasnya layaknya kue ulang tahun pada umumnya.
    Selesai.

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara-cara untuk membuat kue ulang tahun dari indomie goreng yang enak, lezat dan lain dari yang lain pastinya. Cara membuatnya sebenarnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan, namun bagi yang belum mengetahui hal ini maka akan tergolong sulit.

Untuk anda yang suka membuat dan memberikan kejutan kepada orang tersayang anda, maka anda dapat mencoba membuat kue ulang tahun dengan menggunakan mie goreng indomie ini, selamat mencoba, ya guys.