Menu

Bingung Mau Makan Apa? Ini Dia 10 Makanan Dengan Topping Keju Mozarella

Siapa pencinta makanan dengan topping Keju Mozarella? Kurasa hampir semua orang yang menyukainya kan. Keju mozzarella menjadi salah satu topping atau bahan makanan yang disukai banyak orang. Keju yang berasal dari Italia ini dapat ditarik hingga bertambah panjang. Sensasi lumer di mulut pun begitu dinikmati para pecinta keju satu ini.

Sekarang banyak olahan makanan yang awalnya dianggap biasa aja atau aneh, tapi lama kelamaan malah jadi tenar dan disajiin dimana-mana. Kayak awalnya sajian mie instan dan roti bakar biasa, yang sekarang mendadak jadi menu utama makanan di tempat nongkrong.

Gak sampe di situ aja, setelahnya masih ada sate taichan yang kemarin booming lewat food with melted cheese, dimana makanannya disajikan sama lilitan atau siraman keju mozarella. Tetapi kamu harus mengetahui dulu fakta tentang keju Mozarella. Jadi tunggu apalagi yuk, simak di bawah ini.

Sejarah Keju Mozzarella

Mozzarella pertama kali dibuat di dekat Naples, Italia dengan menggunakan susu kerbau.Ketika itu banyak terdapat kerbau-kerbau di daerah pedesaan yang digunakan untuk mengangkut barang dan membajak. Menurut legenda, keju Mozzarella pertama kali dibuat secara tidak sengaja.

Seseorang menjatuhkan dadih ke dalam ember berisi air panas di sebuah pabrik keju di Naples dan jadilah keju Mozzarella yang dikenal saat ini karena dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi dan belum adanya lemari pendingin maka keju ini tidak dapat bertahan lama dan karenanya tidak dapat dikirim ke daerah di luar Naples. Ketika teknologi mulai berkembang maka keju ini pun dapat dikirim ke daerah-daerah lainnya di Italia

Bentuk dan Tekstur Keju Mozzarella

Mozzarella umumnya memiliki bentuk bundar seperti bola tetapi banyak bentuk-bentuk lain dari keju ini, antara lain “Bocconcini” (suapan), “Ciliegine” (ceri kecil), “Nodini” (simpul kecil), “Pizzaiola” (balok) dan “Ovoline” (telur). Jika memang kamu sudah mengetahui faktanya, kamu dapat kok mengetahui makanannya juga dengan keju Mozzarella.

Penasaran kan? Ini dia 10 makanan yang disajiin pake lelehan keju mozarella yang aduhai, minta (banget) dimakan dan pastinya bisa kamu bikin sendiri di rumah.

1. Pizza

Sadar gak sadar, kamu pasti pernah makan pizza di “Pondok Pizza” yang tentunya ada lelehan keju mozarellanya. Ciri-cirinya, saat pizza itu kamu tarik dari potongannya, pasti bakalan ada kan lelehan keju yang ketinggalan seperti karet. Emang sih, gak semua sih pizza pake keju mozarella, tapi coba kamu pesen pizza yang double keju, atau yang ada topping keju mozarellanya. Pengen bikin sendiri? Gampang! Tonton dulu videonya di atas, cuma butuh teflon doang kok.

2. Pasta

Sama kayak pizza, pasta sebenernya udah banyak yang dilengkapi sama keju mozarella. Di tempat makan “Pondok Pizza” pun kamu bisa nemuin sajian pasta yang dikasih lelehan keju mozarella atau dengan dengan saus cream cheese. Soal rasa pastinya udah enak ya. Eits, tahan! Kamu bisa makan ini pas nanti kamu lagi gadakk makanannya, kalau bisa kamu memakannya harus pelan-pelan ya. Kalo mau bikin sendiri juga boleh. Ikutin aja tutorian video di atas yang ngejelasin cara bikin spaghetti dengan mozarella. Yummy!

3. Sandwich

Udah banyak kok video resep bikin sandwich dengan keju mozarella. Menu ini cocok loh buat kamu yang pengen sarapan enak dan beda, tapi gak makan berat kayak nasi. Selain enak, roti isi keju mozarella ini juga gampang banget bikinnya. Layak dicoba nih buat menu sarapan kamu lho. Pengen tau cara bikinnya? Nih, saya akan kasih tau lewat video di atas!

4. Risoles

Kalo tiga makanan sebelumnya agak kebarat-baratan maka sekarang ada perpaduan cemilan lokal dengan keju mozarella, yaitu risoles. Selain keju, isinya pun bisa kamu kreasiin sendiri, mulai dari mayonaise, sayuran, bihun atau daging. Yang bikin beda dari risoles biasa tentunya sensasi rasa gurih keju mozarellanya yang lumer di dalam mulut kamu ketika digigit. Pokoknya, ‘nyes’ banget deh gengs! Kamu mau coba bikin sendiri? Ikutin aja resep di atas ya.

5. Martabak

Kalo pizza agak repot bikinnya, kamu bisa pilih martabak dengan perpaduan keju mozarella. Liat aja video di atas supaya gak bingung begitu buat sendiri di rumah. Untuk urusan toppingnya kamu bisa sesuain dengan selera kamu, mulai dari oreo, red velvet, nutella dan lain-lain.

6. Nasi goreng

Nasi goreng tanpa embel-embel topping aja udah enak, apalagi ditambah sama mozarella ya? Bisa dibayangin perpaduan keju dengan sayuran, ati ampela, bakso, sosis, atau irisan daging ayam. Eh, daripada ngebayangin terus, mending kamu bikin aja ya ikutin resepnya di atas.

7. Chicken wing

Kamu pasti tau dong tempat makan Korea yang terkenal lewat ayam yang dipotong-potong lalu digulung pake keju mozarella yang tebel itu? Saking hypenya, bahkan banyak pengunjung rela antre sampe berjam-jam buat makan di situ. Kamu udah males duluan buat ngantri? Yaudah, coba buat sendiri aja lewat tutorial di atas.

8. Samyang

Sensasi rasa pedes dari samyang mungkin bisa bikin kamu nagih. Nah, sekarang gak ada salahnya kamu campurin makanan khas Korea Selatan itu dengan keju mozarella. Kalo bingung ikutin aja video di atas. Selamat nahan laper!

9. Sate taichan

Setelah dunia per-satean digegerkan sama jenis sate baru, yaitu sate taichan, semua orang jadi berbondong-bondong pengen beli. Padahal sate taichan cuma daging ayam biasa, tanpa bumbu kacang dan pake sambel merah. Yang bikin enak gak lain dan gak bukan adalah sambelnya.

Pengen makan sate taichan dengan sensasi yang beda dan lebih ntap lagi? Cobain deh sate taichan yang pake keju mozarella sebelum dicocol ke sambelnya. Keju yang dibakar langsung di atas sate bikin kamu yang nunggu jadi makin gak sabar dan pengen langsung makan!

10. Tteokbokki

Kamu yang suka nonton drama Korea pasti tau makanan ini, meskipun gak pernah nyobain langsung. Tteokbokki sering disebut di banyak drama Korea. Yang gak tau makanan ini apa, dijelasin dulu deh ya. Jadi, Tteokbokki adalah penganan Korea berupa Tteok (tepung beras) yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Biasanya, makanan ini disajiin cuma berbumbu pedas tanpa ada campuran lain. Tapi lama kelamaan banyak orang yang menambahkan keju mozarella untuk topping Tteokbokki. Penasaran cara bikinnya gimana? Tonton dulu video di atas.

Nah, gimana tertarik gak untuk mencobanya dirumah, pastinya tertarik dong.