Menu

Berbentuk Bola, Inilah Kemasan Air Mineral di Masa Depan

Pernahkah anda berpikir untuk memakan air? iya memakan, bukan meminum. Pernah nggak? Anda mungkin berpikir bahwa pertanyaan ini adalah pertanyaan yang gila, bodoh, dan tidak normal. Tapi tidak akan ada pertanyaan yang muncul jika memang tidak ada penyebabnya.

Benar memang jika pada umumnya air itu diminum dan bukan dimakan. Akan tetapi, di zaman moderen seperti saat ini, ungkapan dimakan atau diminum sudah bukan menjadi masalah lagi. Buktinya saja sekarang sudah ada air yang bisa dimakan. Tidak percaya?

Coba perhatikan gambar di bawah ini:

Menurut anda, apakah yang sedang dipegang oleh pria tersebut? Percayakah anda kalau yang dipegangnya tersebut adalah air? Bola itu memang benar – benar air lho. Mungkin sulit bagi anda untuk menerima bahwa yang dipegang pria pada gambar tersebut adalah air, tapi perkembangan teknologi yang semakin canggih di era moderen seperti sekarang ini ternyata membuktikan bahwa segala sesuatu bisa menjadi mungkin. Dan inilah salah satunya.

Kesadaran manusia akan banyaknya limbah sampah dari botol minuman yang berserakan di lingkungan masyarakat, menjadi alasan sebagian orang, untuk memecahkan masalah tersebut dan mencoba untuk mencari alternatif terbaru lainnya.

Tindakan untuk meminimalkan penggunaan botol pada beberapa minuman ini tidak hanya dilakukan oleh satu negara saja, melainkan oleh seluruh negara yang menyadari hal tersebut dan menaruh perhatian padanya. Salah satunya adalah Inggris.

Perusahaan start-up yang ada di ibukota Inggris ternyata bergerak lebih awal dari yang lainnya, dengan menciptakan bola – bola air sebagai solusi pengganti minuman botol. Perusahaan ini telah berjuang untuk melakukan sejumlah cara untuk menuntaskan masalah pencemaran akibat sampah botol yang banyak ditemukan di lingkungan masyarakat.

Perusahaan ini mengeluarkan sebuah inovasi plastik yang berbeda dari biasanya. Plastik yang ditemukan tersebut ternyata bisa dimakan. Kalau biasanya plastik dianggap sebagai sesuatu yang sangat membahayakan, tapi anda tidak perlu khawatir dengan plastik yang satu ini.

Plastik tersebut memang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk meminimalisir pencemaran botol plastik yang tidak terkendali di masyarakat. Nah, dari sinilah ide untuk membuat air yang bisa dimakan muncul. Masih ragukah anda dengan kabar ini?

Pentingnya Air Untuk Kehidupan

Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa adanya air, mungkin tak akan ada kehidupan apapun di dunia ini. Tanpa anda sadari, air inilah yang memberikan manusia kehidupan. Itulah sebabnya jangan sering – sering membuang air sesuka hati anda, karena tidak ada yang tahu kapan air akan menjadi sumber daya alam yang langka. Kalau sudah langka begitu, harga air minum mungkin akan sama dengan harga sebuah mobil. Coba saja bayangkan! Kalau sampai terjadi, mungkin akan banyak orang yang meninggal akibat dehidrasi.

Karena kebutuhan akan air ini sangat tinggi setiap harinya, banyak perusahaan minuman berlomba – lomba untuk mengeluarkan produk minuman atau air mineral dalam kemasan botol plastik ataupun kaca. Sangking banyaknya, hal ini sampai harus menimbulkan banyak masalah pencemaran lingkungan. Hingga saat ini, banyak sekali kemasan botol air minum ditemukan berserakan dimana – mana. Jika dibiarkan kelamaan menumpuk, maka akan menimbulkan polusi yang tidak baik untuk kesehatan.

Bola – bola Air (Ooho Water) Yang Bisa Dimakan

Nama bola – bola air pada gambar diatas adalah “Ooho”. Bukan sembarang bola, mereka semua berisi air yang bisa anda makan. Air minum ini sebenarnya sama saja dengan air minum pada umumnya, yang biasa digunakan untuk melepas dahaga saat haus. Yang membedakannya Bola – bola air ini diperkenalkan pertama kali di San Fransisco dan London pada acara – acara tertentu.

Para peneliti di Skipping Rocks Lab di UK adalah yang pertama kali mengembangkan ‘edible water ballooons’ atau balon air yang bisa dimakan ini. Kemasan balon ini menjadi pengganti botol plastik untuk air minum. Ketika dilihat, bola ini tampak menyerupai gelembung besar yang memiliki membran seperti jelly, yang terbuat dari ekstrak tanaman laut. Kedengarannya enak ya guys? Mendengarnya saja rasanya udah pengen nyoba.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa membran tersebut dapat terurai setelah empat sampai enam minggu jika tidak dikonsumsi. Dengan begitu berarti kemasan ini jauh efisen dong guys? Bandingkan saja dengan botol plastik air mineral biasanya? Sangat jauh berbeda bukan? Botol plastik tidak dapat diperkirakan kapan bisa terurai. Butuh waktu bertahun – tahun agar mereka bisa terurai. Itulah sebabnya mengapa penggunaan botol plastik yang merajalela di masyarakat perlu dikurangi.

Di London, didapati sebuah kabar bahwa ada lebih dari 4.000 botol plastik yang diangkat dari Sungai Thames selama sebulan di tahun lalu. Wah, banyak juga ya sampah botol plastiknya. Mungkin anda akan kaget mendengarnya. Ternyata Inggris yang dikenal sebagai negara besar ternyata juga memiliki sampah sebanyak itu.

Sejak ditemukannya sampah – sampah tersebut, barulah disadari bahwa perlu dilakukan sebuah cara atau perubahan untuk menuntaskan masalah sampah tersebut. Dengan melakukan beberapa penelitian yang menghabiskan cukup tenaga dan berlangsung cukup lama, akhirnya sebuah solusi pun didapatkan.

Solusi yang didapat memang tidak bisa langsung menuntaskan masalah yang ada. Tapi setidaknya bisa mengurangi masalah tersebut sedikit demi sedikit. Yah namanya juga segala sesuatu perlu proses. Jadi tidak bisa langsung kelihatan hasilnya. Kecuali jika anda memakai sihir Harry Potter. Mungkin bisa saja. hehe 🙂

Skipping Rocks selaku penggagas inovasi ini menghabiskan tiga tahun untuk mengembangkan Ooho. Mereka mengatakan bahwa mereka kini mampu memproduksi hingga 2.000 bola sehari dan berharap untuk bisa terus meningkatkannya. Cara mengkonsumsi Ooho ini terbilang cukup mudah. Anda bisa memakannya dengan cara dilubangi dan dihirup airnya atau langsung dimasukkan seluruhnya ke dalam mulut dan dimakan bersama dengan kemasannya.

Wuah, menarik sekali kan penemuan ini? Bentuknya yang sangat lucu menjadikan air kemasan yang satu ini memiliki nilai tambah tersendiri. Belum lagi kemasannya yang bisa dimakan langsung tanpa takut terkena bahan berbahaya yang dikandung di dalamnya. Meskipun belum dipasarkan secara luas, banyak masyarakat yang sudah tidak sabar menunggu kehadiran bola – bola air ini. Sabar ya, Guys.