Menu

Aneh dan Menjijikan, Tapi Makanan Ini Jadi Favorit di Tiongkok

Makanan adalah sumber daya pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia, maka dari itu makanan nggak akan bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia, bahkan tumbuhan dan hewan pun juga sangat membutuhkan makanan. Manusia juga menyukai makanan yang enak-enak juga, banyak orang bahkan rela berkunjung ke restoran yang mahal demi menikmati makanan yang enak.

Namun enaknya makanan bagi setiap orang ternyata berbeda-beda, sebab ada orang yang menyukai suatu makanan namun ada juga yang tidak menyukai makanan tersebut, misalnya seperti durian, banyak yang menyukainya namun tak sedikit juga yang membeci makanan ini karena baunya yang kurang sedap. Sementara itu juga. Namun dalam konteks makanan yang enak, tak jarang juga ada yang terbuat dari bahan yang aneh-aneh. Misalnya ada orang Indonesia yang suka makan makanan dari jeroan sapi dan ayam yang dianggap banyak rakyat Indonesia itu enak.

Namun lain hal dengan Thailand, pasalnya makanan enak di negara tersebut jauh lebih ekstrem, mereka menganggap bahwa hewan kalajengking dan kecoa sering menjadi makanan yang banyak diminati oleh orang Thailand. Lain Indonesia, lain pula Thailand. Bahkan lain juga negara yang satu ini, yakni negara Tiongkok. Tiongkok memiliki makanan yang terbuat dari bahan yang nggak lazim dan menakjubkannya bahwa makanan aneh bin ajaib ini menjadi makanan yang paling disukai di negara tersebut.

Serangga goreng

Jika biasanya ada serangga yang datang kerumah kita, otomatis kita akan mengusir dan bahkan membunuhnya, sebab mereka sangat mengganggu dan bahkan membahayakan. Tapi berbeda dengan di Tiongkok, pasalnya di negara itu serangga adalah santapan lezat para penduduk Tiongkok? Di Indonesia sebenarnya bisa ditemukan olahan serangga seperti belalang dan jangkrik goreng. Tapi kalau di Tiongkok, kita bisa menemukan serangga yang lebih ekstrem dan bahkan menjijikan yakni  tarantula dan kelabang goreng. Jangankan untuk memakannya, melihatnya saja udah bikin kita ngeri.

Serangga liar tersebut digoreng kering dalam bentuk sate tanpa tambahan bumbu atau saus di atasnya. Untuk satu tusuk, serangga goreng tersebut dijual dengan harga 10-20 Yuan atau sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000.

Jelly kura-kura

Mungkin biasanya kita merasakan jelly dengan ras buah yang segar atau rasa susu, coklat maupun vanila. Namun bayangin aja jika jelly sedap seperti itu dirubah menjadi jelly yang berubah terbuat dari ekstrak hewan. Nah, itu bukan cuma omdo lho say, jelly yang seperti itu memang ada lho guys dan itu bisa kalian temukan di Tiongkok. Di negara ini, terdapat jelly kura-kura yang benar-benar terbuat dari kura-kura. Hewan yang bergerak lambat ini dibersihkan terlebih dahulu, lalu direbus selama 12 jam. Saat proses perebusan, kura-kura ini ditambahkan pula tanaman herbal dan obat pengental. Soal rasa, jangan dibayangin soalnya kalau nggak mau muntah mending gausah coba deh.

Sup ular

Mungkin nggak cuma Tiongkok aja yang memilikinya di Indonesia juga ada, sudah menjadi banyak rahasia umum bahwa sup ular telah menjadi obat. Namun yang namanya ular tetap aja ngeri. Binatang berbisa ini menjadi banyak dinikmati sebab khasiatnya yang begitu banyak untuk mengobati banyak penyakit. Meskimenjadi, banyak orang juga yang geli untuk memakannya. Tapi di Tiongkok makanan ini paling banyak dicari dan disukai. Bahkan sup ular ini dipercaya mampu memberi efek hangat dan mencegah serangan flu. Berani mencobanya?

Sup ular ini terbuat dari daging dan tulang ular yang kemudian direbus selama beberapa jam agar kaldu lebih terasa maka sangat perlu untuk menambahkan bahan lain seperti ayam, jamur, jahe cincang, daun krisan, serai dan rempah-rempah. Saat ular dimasak, maka daging akan dipotong menjadi potongan tipis dan ketika dimasak penampilannya tidak beda jauh dengan memasak ayam akan tetapi daging ular sedikit lebih keras.

Century Egg

Jika di Indonesia ada telur asin Brebes, namun di Tiongkok ada lagi telur yang menjadi favorit mereka yakni Century. Jika telur asin hanya butuh waktu satu minggu saja, namun Egg Century adalah telur bebek yang membutuhkan waktu sekitar 7 minggu sampai 5 bulan. Dari bentuknya aja seperti kelihatan telur yang sudah membusuk, padahal warna kehitaman ini merupakan hasil fermentasinya. Nah, yang bikin lebih menjijikkan adalah Century Egg ini memiliki bau khas yang sangat menyengat. Hati-hati muntah deh!

Hidangan dari kelamin binatang jantan

Mungkin yang menyukai makanan ini hanyalah orang-orang pecinta makanan ekstrem saja, pasalnya bahan utama makanan ini sangatlah menjijikan karena makanan ini terbuat dari torpedo binatang, iuhhh jijik banget! Jika di Indonesia ada makanan dari torpedo sapi dan kuda, di Tiongkok juga ada makanan dari torpedo, tak hanya sapi dan kuda. Namun yang lebih ekstrem lagi, yakni torpedo keledai, banteng dan bahkan torpedo macan. Kalau kurang greget, bisa juga dicobain hidangan testiket hewan yang bisa dimasak sesuai selera. Katanya hidangan torpedo ini dipercaya bisa menambah vitalitas pria, lho. Mau coba?

Chou doufu

Tahu yang memiliki bau sangat menyengat ini melewati serangkaian proses mulai dari fermentasi selama beberapa bulan. Tahu ini terbuat dari adonan susu yang dicampur daging dan sayuran, lalu didiamkan selama beberapa bulan hingga padat. Soal rasa, banyak yang bilang bahwa tahu ini sangat enak. Namun baunya yang sangat menyengat hampir bisa disamakan dengan bau selokan yang mampet.

Stinky tofu dikenal dengan nama ‘chou doufu’ atau ‘tahu bau’. Biasanya tahu ini disajikan dengan macam-macam campuran bumbu, tergantung masing-masing tempat karena baunya yang menyengat, ada yang menyebut jika penjual stinky tofu bisa dicari hanya dengan menggunakan indera penciuman. Bahkan saking baunya ada yang menjuluki stinky tofu dengan sebutan baby poo alias kotoran bayi.

Nah, gimana guys kalian ada yang berani coba makanan-makan gila ini nggak?